Published On: Mon, Nov 2nd, 2015

Strategi ‘All-Data’ dari Dell Meningkatan Kemampuan Analitik Big Data

dell logoJakarta, 2 November 2015 – Dalam acara Dell World yang belum lama berlangsung di Austin, Texas, Dell memperkenalkan sejumlah layanan dan solusibig data dan analitikterbaru yang didesain untuk membantu perusahaan mengubah data menjadi informasi dengan cepat dan aman agar mereka dapat mengambil keputusan secara lebih baik dan cepat. Layanan dan solusi baru tersebut termasuk platform softwareanalitikversi advance terbaru dan penawaran Analytic-as-a-Servicebaru untuk sejumlah industri vertikal seperti perbankan, kesehatan dan asuransi. Semua penawaran dan kemampuan baru yang ditawarkan Dell ini dimaksudkan untuk membantu perusahaan menyertakan kemampuan analitikdalam semua proses bisnis dan menerapkan disiplin analitikdalam organisasi mereka untuk mendorong kinerja bisnis yang lebih baik.

 

Pengambilan keputusan berdasarkan hasil analisa data adalah cara untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dalam ekonomi data modern. Hasil surveiDell Global Technology Adoption Index 2015(GTAI 2015) menunjukkan bahwa organisasi yang menggunakan solusi big data dengan baik menunjukkan tingkat pertumbuhan 50 persen lebih tinggi dibandingkanorganisasi yang tidak menggunakannyai.Tapi,survei tersebut juga mengungkapkan bahwa 44 persen perusahaan masih belum mengerti cara mendapatkan intisari dari datai mereka. Dengan meningkatkan kemampuan fitur portofolio big data dananalitik, Dell kini dapat membantu konsumen mengatasi ketidakpastian tersebut dan melakukan investasi teknologi data secara bijak dengan menghadirkan solusi end-to-end yang fleksibel untuk membantu organisasi menyelaraskan kepentingan TI dan bisnis, mendorong terjadinya efisiensi operasional, dan memanfaatkan keunggulan dari prediksianalitik.

 

Statistica 13, versi terbaru platform software  analitikversi advanceyang diluncurkan Dell, membantu mempermudah dan meningkatkan proses yang dilakukan perusahaan untuk menerapkan model analitik prediktif langsung di sumber data dalam firewall, dalam cloud dan dalam ekosistem mitranya. Dell Statistica, solusi yang mudah digunakan tanpa harus melakukancodingdan terintegrasi dengan open source R, menawarkan fitur lengkapdata blending, identifikasi data, berikut perangkat analisa versi advance dan prediktif yang dapat membantu organisasi mengakses semua data yang dimilikinya untuk memprediksi tren di masa depan, mengidentifikasi peluang untuk mendapatkan konsumen dan penjualan baru, mengeksplorasi skenario “seandainya” (what-if), dan mengurangi resiko terjadinya penipuan dan resiko bisnis lainnya. Peningkatan kemampuan dan fitur baru di Statistica 13 termasuk:

 

  • Pembaharuan dan modernisasi seluruh kemampuan GUI agar lebih mudah digunakan dan secara visual lebih menarik
  • Integrasi yang lebih baik dengan engine Statistica Interactive Visualization dan Dashboard yang baru-baru ini ditambahkan untuk komunikasi ke data konsumen secara lebih efektif
  • Integrasi yang lebih erat dengan open source R untuk mempermudah sharing dan pengaturan skrip R
  • Alat model stepwise baru yang secara progresif memberikan rekomendasi model yang optimal kepada user
  • Kemampuan Native Distributed Analytics (NDA) baru yang memungkinkan user menjalankan fungsi analitik langsung di database,di lokasi data tersebut berada dan mampu bekerja secara lebih efisien dalam kumpulan data besar dan terus berkembang

 

Fungsi NDA mendorong pembuatan model algoritma prediktif dan fungsi penilaian langsung di sumber data. Fungsi ini memangkas proses yang memakan waktu lama dan terbatasnya data yang bisa ditarik ke server atau desktop intermediate, artinya memungkinkan seluruh prosesanalitikterjadi langsung di database dan organisasi dapat memanfaatkan keunggulan cluster Hadoop, perangkat database dan platform berkinerja tinggi lainnya. Saat ini, Statistica 13 menawarkan kemampuan NDA untuk database Microsoft SQL Server, sementara untuk databaselainnya akan ditambahkan di versi-versi berikutnya.

 

  • Manajemen Fraud, Waste dan Abuse: Membantu organisasi mengidentifikasi kasus pencurian identitas medis, diagnosa atau layanan medis yang tidak diperlukan dan tagihan yang salah.
  • Penilaian Kemungkinan Ditolak dan Analitik Prediksi: Membantu organisasi secara proaktif mengidentifikasi klaim-klaim yang kemungkinan besar akan ditolak, danmenampilkan data singkat aktivitas setiap akun, pengawasan dan tindak lanjut yang dilakukan secara detil. Proses tersebut berhasil menghilangkan hingga 40 persen pekerjaan follow upyang nyaris atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali.
  • Manajemen Churn/Layanan Retensi Pelanggan: Membantu organisasi memanfaatkan model prediksichurn– yaitu, pemrosesan dan menghubungkan sumber data sosial baru dengan sumber data tradisional – untuk mengidentifikasi resiko kerugian yangakan dialami pelanggan dan secara proaktif mengambil langkah-langkah pencegahan.

 

Selain itu, melanjutkan fokus Dell dalam menghadirkan solusi Analytics-as-a-Service, tim Dell Services juga memperkenalkan Dell Service Desk Analyticsdan Dell ModelHealth (DMH) Tracker.

 

  • Dell Service Desk Analytic mengubah manajemen service desk TI dengan menerapkan fitur pengaturan dan otomatisasi prediksi kesalahan yang mungkin terjadi. Fitur tersebut memunculkan sinyal peringatan awal dan hasil analisa dalam format teks yang mudah dipahami user dan mengurangi resiko gangguan bisnis.
  • Dell ModelHealth Tracker membantu pelanggan melacak dan memonitor efektivitas sejumlah model scorecard atau analitik prediktif yang mereka gunakan. Khusus bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri dengan kewajiban compliance ketat, termasuk perbankan dan asuransi, mereka menggunakan model scorecard atau model prediktif lainnya untuk memprediksi hasil analisa data penting, seperti tingkat kelayakan kredit seorang pelanggan atau kemungkinan terjadinya sebuah klaim asuransi palsu. DMH membaca berbagai sumber data untuk melacak, menyimpan dan mengelola berbagai model prediktif tersebut, dan yang terpenting, memonitor tingkat efektivitas dan compliance-nya.

 

Solusi-solusi baru yang ditawarkan ini adalah bagian dari lebih dari 50 solusi analitik versi advanceyang ditawarkan Dell Services, termasuk solusi analitikkesehatan, khusus untuk isu-isu kritis seperti tingkat kesehatan masyarakat, frekuensi berulang pasien dirawat di rumah sakit, dan stratifikasi resiko kesehatan; solusi analitik  finansial yang khusus memperhatikan transaksi online dan mendeteksi potensi penipuan; dan solusi analitik terkait asuransi yang khusus dirancang untuk mengurangi potensi kehilangan pelanggan dengan fitur analitik yang ditanamkan di dalam Lifesys, yaitu platform khusus yang diciptakan Dell untuk pemrosesan klaim asuransi.

 

Portofolio End-to-EndMempermudah Proses Implementasi dan Membantu Konsumen Mendapatkan Informasi Lebih Cepat

                                                

Selain solusi software dan layanan, Dell juga kerap menawarkan solusi rekayasa dan referensi arsitektur yang dapat mempercepat waktu implementasi dan hasil yang diperoleh. Solusi-solusi tersebut telah teruji dan tervalidasi untuk menjawab tantangan yang dihadapi konsumen terkait implementasi teknik manajemen data yang efektif. Baru-baru ini Dell mengumumkan referensi arsitektur ke-15 bekerja sama dengan Cloudera, dimana di dalamnya juga termasuk software Syncsort DMX-h. Dell | Cloudera | Syncsort Data Warehouse Optimization – ETL Offload Reference Architecturemerampingkan proses perencanaan, desain, konstruksi dan implementasi untuk mengubah data ke dalam format yang siap untuk dianalisa, yang juga dikenal sebagai proses extract, transform dan load (ETL), menggunakan platform data Hadoop. Referensi arsitektur tersebut dapat memberi konsumen akses ke informasi yang hemat biaya, serta waktu mendapatkan hasil yang lebih singkat dan lebih cepat dibandingkan solusi open source yang harus mereka lakukan secara manual.

 

Sementara itu, ProDeploy Enterprise Suite Dellmenawarkan layanan implementasi dan sertifikasi profesional lengkap kepada konsumen, yang dirancang untuk menyederhanakan proses implementasi dan membantu menyakinkan konsumen mengadopsi teknologi baru dengan cepat.

 

 

Kutipan:

                                                                                                       

John K. Thompson, general manager, advanced analytics, Dell Software

“Dalam ekonomi data modern, kemampuan untuk mendapatkan informasi prediktif dari semua data yang ada sangatlah penting guna membangun perusahaan berbasis data yang sigap, terkoneksi dan terus berkembang. Baik data tersebut didapatkan dari sensor real-time dari sebuah lingkungan IoT, atau dari sebuah platform big data yang dirancang untuk menganalisa data yang sangat besar dan terpisah-pisah, solusi-solusi terbaru dari Dell ini mampu memberikan masukan informasi dan tindakan yang sebaiknya dilakukan secara detil. Dengan kemampuan dan pembaharuan yang khusus dihadirkan di Statistica 13 tersebut, Dell membuat berbagai organisasi, apa pun skala bisnis mereka, untuk menerapkan disiplin analitik prediktif di semua proses yang dilakukan perusahaan secara pintar, mudah dan hemat biaya, yang pada akhirnya memberi mereka kemampuan untuk memahami konsumen mereka dengan lebih baik, mengoptimalkan proses bisnis, dan menciptakan produk dan layanan baru.”

 

Prasad Thrikutam, president and global head of applications, Dell Services

“Konsumen kami kini semakin serius mencari cara untuk mengerti semua informasi yang telah mereka kumpulkan agar mereka dapat fokus pada bisnis utama mereka. Dengan peluncuran layanan BPO analitik, dan penawaran Analytics-as-a -Service untuk industri vertikal seperti perbankan, kesehatan dan asuransi, kami dapat memberi informasi yang bisa ditindaklanjuti oleh konsumen untuk mengembangkan bisnis mereka, meningkatkan pengalaman pelanggan mereka, dan mencapai efisiensi operasional.”

 

Nik Rouda, senior analyst, ESG

“Riset yang dilakukan ESG secara konsisten menunjukkan bahwa perusahaan dari segala ukurandan dari semua industri vertikal menggunakan data untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan bisnis penting. Untuk mendapatkan jawaban tersebut,dibutuhkan alat analitik versi advance tercanggih berikut sejumlah kemampuan pendukung lainnya, termasuk integrasi data, manajemen data, dan database, serta server, storage, dan peralatan siap pakai yang menjadi mesin pengelola semua peralatan dan solusi tersebut. Dell tidak saja telah menghadirkan portofolio yang semakin lengkap yang dapat melakukan semua hal penting tersebut, tapi juga terus membangun ekosisitem pendukung yang terdiri dari para mitra strategis, vendor-vendor pendukung, dan layanan profesional yang membuat semua solusi dan peralatan tersebut bisa membantu konsumen di tahap manapun mereka berada dalam upaya menerapkan kemampuan big data dan analitik mereka.”

 

 

Ketersediaan

 

  • Dell Statistica 13.0 telah tersedia di seluruh dunia
  • Penawaran baru Analytics-as-a -Service Dell telah tersedia di seluruh dunia.

 

Tentang Dell

Dell Inc. mendengarkan pelanggannya serta menghadirkan teknologi dan layanan inovatif yang memberi mereka kemampuan untuk berbuat lebih. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.dell.com.

 

Dell World

Dell World 2015 berlangsung tanggal 20-22 Oktober2015. Dell World adalah acara akbar Dell yang mempertemukan para profesional teknologi dan bisnis untuk saling berinteraksi, bertukar pikiran dan bersama-sama membantu menciptakan masa depan yang lebih baik. Pelajari lebih lanjut di www.dellworld.com dan ikuti #DellWorlddi Twitter.