Published On: Mon, Mar 18th, 2019

Survei Tantan: Kenalan Dengan Teman Baru Bantu Kelola Beragam Tekanan Sosial Pada Perempuan Muda

Share This
Tags

Jakarta, 18 Maret 2019, Tantan, aplikasi trendi yang memberikan pengalaman menyenangkan untuk terhubung dengan kenalan baru, mengumumkan hasil survei pertamanya di Indonesia, guna menemukan dampak tekanan sosial terhadap proses eksplorasi dan penemuan jati diri pada perempuan muda di Indonesia. Bekerja sama dengan institusi penelitian independen, Tantan menyurvei lebih dari 1000 perempuan berusia 18 hingga 35 tahun di 32 provinsi di Indonesia, secara online.

 

Ideal yang diharapkan kelompok sosial mempengaruhi kehidupan perempuan muda

Hasil survei menunjukkan, keluarga menempati peringkat teratas sebagai sumber tekanan sosial terbesar diikuti oleh rekan (di sekolah/universitas dan kantor) dan teman ketika responden diminta menyebutkan sumber tekanan sosial dari terbesar hingga terkecil.

Dari beragam sumber tekanan sosial, suatu kesamaan yang dirasakan oleh responden adalah ekspektasi yang dibebankan kepada mereka. Responden menyatakan bahwa ideal yang diharapkan oleh suatu kelompok menjadi beban terbesar. Ekspektasi lainnya yang menjadi tekanan terbesar kedua yaitu dorongan untuk memiliki kesamaan norma serta pola pikir dengan anggota lainnya di dalam kelompok.

Sumber tekanan sosial yang paling signifikan Beban tekanan sosial dari yang tertinggi hingga terendah menurut responden
Pilihan Ranking Pilihan Ranking
Keluarga 1 Melakukan sesuatu hal yang diharapkan oleh kelompok sosial, dan menjadi yang ideal di kelompok 1
Rekan kerja 2 Memiliki norma, pola pikir yang sama atau selaras dengan anggota di dalam kelompok sosial Anda. 2
Teman-teman 3 Kompetisi yang terjadi di antara anggota di kelompok sosial Anda. 3
Rekan di sekolah/ universitas 4 Kesesuaian gaya hidup yang diharapkan oleh kelompok sosial. 4
Saudara 5 Prestasi yang di harapkan kepada Anda oleh kelompok sosial. 5
Pasangan 6 Hubungan atau status hubungan Anda – pernikahan atau pacaran/ single. 6
Kelompok/ komunitas hobi 7 Tidak satu pun di atas  7
Komunitas lokal / lingkungan sekitar 8

Grafik 1: Sumber tekanan sosial yang paling signifikan dan jenis tekanan yang paling besar

Beban dari ekspektasi tersebut mendorong lebih dari 63% perempuan untuk berusaha menjadi ideal, seperti yang diharapkan kelompok, walaupun tidak sesuai nilai yang mereka junjung. Bahkan lebih lanjut lagi, 55% perempuan menyatakan tekanan sosial menghalangi mereka dalam proses eksplorasi untuk menemukan jati diri.

Tiga hal yang paling ditakuti oleh responden ketika tidak menyesuaikan diri dengan ekspektasi dari kelompok adalah berhadapan dengan rasa kegagalan (#1), ketidakmampuan(#2), dan penolakan (#3).

Jack Wu, Marketing Director di Tantan mengatakan, “Ekspektasi ideal dari kelompok sosial memberikan tekanan  lebih kepada perempuan muda, dan menumbuhkan keraguan dalam mengeksplorasi untuk menemukan jati diri.”

Lanjut Jack, “Sebagai platform aplikasi dating, yang fokus untuk memberikan pengalaman terbaik bagi perempuan, Tantan berkomitmen membantu anggota kami dalam perjalanan menemukan jati diri dan mengaktualkannya. Dengan berinteraksi di platform kami, anggota bisa saling berkenalan dan terhubung ke berbagai kecocokan, mulai dari hobi, kesukaan, pengalaman yang menyenangkan, hingga pasangan hidup.”

 

Menemukan kecocokan hidup seraya mengelola tekanan sosial

Sebanyak 82% perempuan menyatakan bahwa berkenalan dengan teman baru membantu mereka dalam perjalanan menemukan jati diri. Hal ini sejalan dengan apa yang Tantan berikan. “Di platform kami, perempuan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengemukakan suara terpendamnya dan mengeksplorasi jati diri dengan cara yang menyenangkan. Terdapat lebih dari 213 juta anggota dari 87 negara yang siap terhubung, dan saling menemukan kecocokan dalam hidup, hingga pada akhirnya menemukan pasangan, seperti yang terjadi oleh beberapa pasangan di Indonesia,” kata Jack menambahkan.

Terlepas dari pengalaman menyenangkan di platform, perempuan juga mengharapkan pengalaman yang aman. Survei mengungkap bahwa risiko yang bisa berujung pada tindak kriminal dan juga profil palsu adalah dua ketakutan terbesar dalam menggunakan aplikasi dating. Sebagai platform yang menjunjung tinggi pengalaman yang aman dan menyenangkan, Tantan menyediakan fitur yang membuat aplikasi lebih unggul dibanding aplikasi sejenis lainnya.

“Keamanan bagi seluruh anggota kami, terutama perempuan, adalah prioritas utama dan ini menjadi kelebihan kami. Kami menawarkan sistem keamanan terintegrasi yang mampu menyaring profil palsu, dan memoderasi interaksi di platform guna menjauhkan anggota dari interaksi yang tidak pantas dan berpotensi bahaya,” tutup Jack.

#SELESAI#

 

 

Tentang Survei Tantan

Tantan menyurvei lebih dari 1000 perempuan muda Indonesia berumur 18 hingga 35 tahun, dari beragam kelas sosial dan tingkat pendidikan, di 32 (dari total 34) provinsi di Indonesia, dengan cara Online. Dalam melakukan survei ini, Tantan bekerja sama dengan Jakpat, sebuah institusi penelitian independen dari Indonesia, untuk melakukan survei di bulan Maret 2019.

 

 

APPENDIX

Berdasarkan pengalaman Anda, dari lingkungan sosial manakah Anda pernah mengalami tekanan sosial yang berupa kewajiban, harapan, ideal dan sejenisnya?
No Pilihan Persentase responden yang setuju dengan pilihan yang tertera
1 Keluarga 74%
2 Teman-teman 55%
3 Rekan/ partner kerja 55%
4 Rekan/ partner di sekolah/ universitas 47%
5 Saudara 43%
6 Pasangan 37%
7 Kelompok/ komunitas hobi 17%
8 Komunitas lokal 15%
9 Tidak pernah merasakan tekanan sosial dari mana pun 0%
 Di lingkungan sosial yang bukan keluarga, urutkan faktor/hal yang menyatukan Anda  dan lingkungan sosial Anda: (paling relevan ke paling tidak relevan)
No Pilihan Ranking
1 Pola pikir 1
2 Hobi dan minat khusus 2
3 Situasi/kondisi 3
4 Tempat/lokasi 4
5 Kelas sosial 5
Sumber tekanan sosial dari yang paling signifikan ke yang paling tidak signifikan
No Pilihan Ranking
1 Keluarga 1
2 Rekan kerja 2
3 Teman-teman 3
4 Rekan di sekolah/ universitas 4
5 Saudara 5
6 Pasangan 6
7 Kelompok/ komunitas hobi 7
8 Komunitas lokal / lingkungan sekitar 8
Beban tekanan sosial dari yang tertinggi hingga terendah menurut Anda
No Pilihan Ranking
1 Melakukan sesuatu hal yang diharapkan oleh kelompok sosial, dan menjadi yang ideal di kelompok 1
2 Memiliki norma, pola pikir yang sama atau selaras dengan anggota di dalam kelompok sosial Anda. 2
3 Kompetisi yang terjadi di antara anggota di kelompok sosial Anda. 3
4 Kesesuaian gaya hidup yang diharapkan oleh kelompok sosial. 4
5 Prestasi yang di harapkan kepada Anda oleh kelompok sosial. 5
6 Hubungan atau status hubungan Anda – pernikahan atau pacaran/ single. 6
7 Tidak satu pun di atas atau lainnya 7
Secara umum, apakah Anda sudah pernah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai yang Anda percayai/ junjung untuk mengakomodir tekanan dari lingkungan sosial Anda?
No Pilihan Persentase
1 Ya 63%
2 Tidak 37%
Secara umum, apakah Anda mau dan berani mengambil risiko untuk tidak mengakomodasi tekanan-tekanan tersebut? (SA)
No Pilihan Persentase
1 Ya 87%
2 Tidak 13%
Apakah menurut Anda tekanan sosial menghalangi Anda untuk menemukan jati diri Anda menemukan jati diri Anda, mengeksplorasi minat, kesukaan hingga bakat yang terpendam?
No Pilihan Persentase
1 Ya 55%
2 Tidak yakin 23%
3 Tidak 22%
Apa yang paling Anda takutkan jika Anda tidak dapat mengakomodir tekanan tersebut? (MA)
No Pilihan Ranking
1 Ketakutan akan kegagalan 1
2 Ketakutan akan ketidakmampuan 2
3 Ketakutan akan penolakan 3
4 Ketakutan akan sesuatu yang buruk terjadi 4
5 Ketakutan akan kehilangan momen 5
6 Ketakutan  akan kehilangan kontrol 6
7 Ketakutan akan ketidakpastian 7
8 Ketakutan akan tersakiti 8
9 Ketakutan akan perubahan 9
10 Ketakutan akan prasangka sosial 10
Dalam menemukan jati diri, apakah bertemu, berkenalan, dan berteman, ataupun menjalin hubungan dengan orang baru , menambah lingkungan sosial dapat membantu Anda dalam proses menemukan jati diri Anda, mengeksplorasi minat, kesukaan hingga bakat yang terpendam?
No Pilihan Persentase
1 Ya 82%
2 Tidak yakin 14%
3 Tidak 4%

 

Tentang Tantan

Tantan, sebuah aplikasi sosial yang dikembangkan khusus untuk muda-mudi yang berumur 20an. Tantan menawarkan cara baru yang menyenangkan untuk bertemu dan berkenalan. Sistem swipe dan match, mempertemukan para pengguna satu dengan yang lainnya ketika keduanya saling memilih like/swipe kanan. Setiap harinya, sebanyak satu miliar swipe di tantan dan hingga hari ini terdapat lebih dari tujuh miliar match, terjadi di platform.