Published On: Tue, Feb 21st, 2017

Swiss German University (SGU) Siapkan Gedung Perkuliahan Permanen

Share This
Tags

the prominenceTangerang, 30 Januari 2017 – Swiss German University (SGU) buktikan komitmennya dalam menjamin keberlangsungan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menyiapkan gedung perkuliahan bagi seluruh jajaran civitas akademika beserta mahasiswa/i program sarjana dan pasca sarjana SGU. Gedung perkuliahan yang berada di The Prominence Tower, Alam Sutera, Tangerang ini sedang disiapkan untuk dapat digunakan pada permulaan semester genap di minggu ketiga Februari 2017, dimana penggunaan kampus ini direncanakan untuk jangka waktu 2-3 tahun.

Langkah nyata yang diambil oleh SGU ini merupakan upaya untuk menyelamatkan kepentingan mahasiswa/i dan realisasi dari langkah jaminan yang sebelumnya telah dinyatakan setelah pemblokiran kampus SGU dilakukan secara paksa dan sepihak oleh PT. Bumi Serpong Damai, Tbk/Sinarmas Land (PT. BSD/SML) pada 17 Desember 2016 yang lalu. “Prioritas SGU, baik pihak Yayasan maupun pihak Universitas adalah kepentingan mahasiswa/i yaitu hak mereka untuk mendapatkan pendidikan. Langkah kami ini menegaskan komitmen kuat SGU dalam menjamin proses belajar mengajar agar tidak terganggu,” kata Rektor SGU, Dr. rer. nat. Filiana Santoso. “Seluruh keluarga besar SGU bekerja keras agar kegiatan perkuliahan dapat diberikan secara maksimal sesuai jadwal, walaupun jangka waktu sejak pemblokiran sampai saat perkuliahan dimulai tergolong cukup singkat,” tambah Filiana.

Bentuk komitmen SGU ini ditanggapi positif oleh Krissan Malinda, Mahasiswi SGU jurusan Pharmaceutical Engineering, “Sebagai mahasiswa, saya merasa SGU sangat bertanggung jawab dan peduli terhadap kelangsungan proses perkuliahan. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih, karena dengan waktu yang sangat singkat dan adanya aspirasi dari berbagai pihak, SGU tetap menjalankan kewajibannya sebagai sebuah institusi pendidikan yang mengutamakan hak dan kepentingan mahasiswa.”

Seiring dengan upaya SGU mengedepankan keamanan dan kenyamanan untuk KBM yang kondusif bagi seluruh jajaran civitas akademika beserta mahasiswa/i program sarjana dan pasca sarjana SGU, SGU telah menyampaikan rencana ekspansinya yang akan direalisasikan segera. Ketua Dewan Pengurus Yayasan SGU, Dr. Frans Tshai memberi konfirmasi tentang rencana strategis ini, “SGU akan berada di Prominence Tower sampai pembangunan gedung kampus permanen sebagai bagian dari rencana ekspansi kami terealisasi. SGU akan terus membawa kualitas pendidikan tinggi yang mempersiapkan generasi muda untuk tantangan global.”

Sebagai universitas pelopor dalam pemberian pengajaran bertaraf internasional yang berkualitas, SGU terus membuktikan keberadaannya ini dengan capaian membanggakan yang diraih hanya dalam kurun waktu 1 bulan ke belakang, antara lain pemberangkatan sekitar 200 lebih mahasiswa/i SGU untuk program dual/triple degree dan magang ke Jerman dan Swiss, enam (6) dosen SGU yang program penelitian dan pengabdian masyarakatnya telah lolos seleksi untuk menerima pendanaan dari

KEMENRISTEKDIKTI, tiga (3) mahasiswi magang jurusan Hotel & Tourism Management meraih penghargaan “Best Trainee” dari Hotel Ritz-Carlton Kuningan, dua (2) mahasiswa/i jurusan Communication & Public Relations meraih juara pertama kompetisi internasional bidang ekonomi – Net Economy 2016, tim Go-kart SGU meraih podium ke-2 pada kejuaraan Go-kart tingkat nasional, dua (2) mahasiswi jurusan Mechatronics yang meraih juara ke-2 pada Automation Championship 2017 di Universitas Maranatha, dan berbagai prestasi lainnya.

Melalui rencana jangka menengah dan panjang yang dilakukan oleh SGU seperti penyediaan gedung perkuliahan baru, jaminan legalitas SGU dalam beroperasi serta melaksanakan proses belajar mengajar, jaminan kerjasama dengan mitra institusi/perusahaan baik dalam negeri maupun luar negeri tetap berjalan, pelaksanaan program magang, kurikulum untuk mahasiswa/i dan career prospect untuk alumni SGU ini, diharapkan SGU dapat terus mencetak lulusan-lulusan berkualitas internasional yang dapat mengharumkan nama bangsa di kancah global.

***

Tentang Swiss German University (SGU) Swiss German University (SGU) merupakan upaya bersama antara Jerman, Swiss, Austria, dan Indonesia yang didirikan pada tahun 2000 dan berhasil menjadi universitas internasional pertama di Indonesia. Terdapat sebelas program studi sarjana dan tiga pascasarjana di SGU dimana juga terdapat program gelar ganda internasional yang menggabungkan teori dan magang bertaraf internasional yang seimbang. Seluruh pengajaran didukung oleh dosen-dosen berkualitas dari Indonesia dan luar negeri. Seluruh kelas pengajaran di SGU dilakukan 100% dalam bahasa Inggris. Informasi lebih lanjut SGU dapat diakses di: www.sgu.ac.id

Program Studi SGU: Mechatronics, Industrial Engineering, Information Technology, International Business Administration, Hotel & Tourism Management, Accounting, Communications & Public Relations, Sustainable Energy & Environment, Pharmaceutical Engineering, Food Technology, Biomedical Engineering, Master of Business Administration, Master of Information Technology, Master of Mechanical Engineering.