Published On: Tue, Jun 14th, 2016

Tampil Lebih Segar Menyambut Hari Raya dengan “SCT System” dan Teknologi Laser

Bersama ini kami lampirkan Siaran Pers dan dua buah foto (keterangan foto kiri ke kanan) dari kegiatan press gathering tersebut, dengan narasumber: 1.       dr. Yanwar Hadiyanto, MARS - CEO RS Pondok Indah Group 2.       dr. Suksmagita Pratidina, Sp. KK - Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah - Puri Indah 3.       dr. Susie Rendra, Sp. KK - Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah - Puri Indah

(ki-ka) dr. Yanwar Hadiyanto, MARS – CEO RS Pondok Indah Group,  dr. Suksmagita Pratidina, Sp. KK – Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah, dan dr. Susie Rendra, Sp. KK – Dokter Spesialis Kulit & Kelamin Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah

Jakarta, 13 Juni 2016 – Proses penuaan (aging) adalah hal yang akan dialami oleh setiap orang. Proses ini antara lain tampak dari kerutan dan keriput pada kulit atau kemunduran lainnya dibandingkan ketika usia kulit lebih muda. Penuaan terjadi akibat faktor intrinsic yang merupakan proses penuaan secara alami dan faktor extrinsic seperti terkena paparan sinar matahari, stres, merokok, kurang tidur, minum alkohol dan banyak mengonsumsi gula. Penuaan akibat paparan faktor extrinsic ini disebut penuaan dini.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah – Puri Indah dr. Susie Rendra, Sp. KK, menjelaskan, “Tampil lebih segar dan lebih muda adalah keinginan banyak orang, apalagi bila ada acara tertentu seperti di waktu hari raya. Namun, kita tidak dapat menghindari proses penuaan alami dan proses penuaan dini. Perawatan sejak dini perlu dilakukan seumur hidup secara rutin. Dengan berbagai perawatan baru yang ada saat ini, seseorang yang berusia tua bisa memiliki tampilan kulit yang lebih muda dan terawat.”

“Skin contouring and tightening (SCT) system” dan teknologi laser dapat memberikan solusi untuk tampil lebih segar di hari raya. Kedua teknologi yang tersedia di Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah ini akan memberikan perawatan kulit dan tubuh yang optimal bagi pasien.

Tanda-tanda penuaan dimulai sejak usia 20 tahun yang meliputi kerutan, kulit kendur (sagging), pigmentation, kulit kering dan kasar, kulit menipis (skin thinning), volume loss, mudah memar, dan proses penyembuhan yang lebih lambat. “Walaupun mutlak akan dialami setiap orang, namun dengan perkembangan teknologi estetika, kita dapat melakukan rejuvenasi sehingga bisa menua dengan kulit yang tampak lebih muda,” tambah dr. Susie.

 

Pencegahan dan penanganan penuaan dini dapat dilakukan dengan perawatan kulit (skin care) dan pengobatan (skin treatment), atau prosedur bedah. Dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan tingkat keberhasilan, kini prosedur non bedah untuk kecantikan semakin diminati.

 

Untuk memperbaiki kondisi kulit wajah dan tubuh agar tampak lebih segar dan kencang tanpa melalui prosedur bedah, Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah menghadirkan teknologi laser dan skin contouring and tightening (SCT) system.

 

SCT system dengan teknologi proionic radiofrequency dapat membantu mengencangkan kulit (skin tightening) dan membentuk tubuh (body contouring) sehingga proses pembentukan tubuh menjadi lebih optimal.

 

SCT system bekerja dengan merangsang peningkatan suhu tubuh sehingga menstimulasi produksi kolagen dan meningkatkan aliran darah dan suplai oksigen maksimal ke jaringan tubuh sehingga dapat mengencangkan kulit. Pengaturan energi panas pada SCT system berkisar antara suhu 20°C60°C. Suhu yang semakin tinggi berguna untuk menghilangkan lemak atau dapat dikombinasikan dengan tindakan slimming atau body contouring.

 

SCT system sangat efektif untuk mengencangkan seperti memperbaiki kulit sagging atau turun, double chin, kerutan, kantong mata, dan reshaping atau body contouring untuk membentukan tubuh, misalnya mengurangi lingkar pinggang, perut, paha dan anggota tubuh lainnya, memudarkan atau mengurangi tampilan selulit.

 

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Pondok Indah – Puri Indah dr. Suksmagita Pratidina, Sp. KK, menjelaskan, “Teknologi proionic radiofrequency yang monopolar pada SCT system akan aman bagi tubuh dan lebih efektif menyasar jaringan yang lebih dalam dibandingkan dengan kemampuan multipolar radiofrequency systems. Frekuensi spesifik dari teknologi ini juga meningkatkan biostimulasi dan tidak mengganggu kealamian sel-sel dalam tubuh, sehingga hasilnya tidak hanya terlihat langsung tapi juga akan bertahan lebih lama.”

 

Selain teknologi proionic frequency pada SCT system, Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah juga menyediakan perawatan kulit dengan teknologi laser. Teknologi laser sudah sejak lama digunakan dalam berbagai bidang termasuk dalam dunia kedokteran dan kecantikan.

 

Teknologi laser bermanfaat untuk membantu penanganan perawatan kulit secara spesifik dan efektif menyamarkan tanda-tanda penuaan, seperti mengatasi masalah flek wajah, hair removal, menghilangkan urat-urat kecil di sekitar hidung pipi (telangiektasis), bekas jerawat (eritema pasca acne), scars, varises kecil, menghilangkan stretch mark, hingga menghapus tato.

 

Kedua perawatan ini merupakan teknologi heat therapy yang memiliki fungsi pancaran panas berbeda dan untuk organ yang berbeda. Teknologi SCT system menggunakan proionic radiofrequency yang memiliki jangkauan lebih dalam dengan efek panas yang lebih luas. Sedangkan teknologi laser memiliki jangkauan lebih dangkal dibandingkan radiofrekuensi, namun pemilihan dan pengaturan panjang gelombang alat laser memungkinkan sinar ditujukan secara selektif ke target kromofor yg diinginkan.  Kromofor adalah sel dalam kulit yang dapat menyerap energi laser, contohnya: sel darah merah, sel pigmen melanin, dan air.

 

Prosedur untuk melakukan perawatan dengan kedua teknologi ini dimulai dengan pemeriksaan keluhan atau penyakit, derajat keparahannya, screening adakah faktor risiko atau kontraindikasi, serta pemilihan jenis terapi dan dosis energi yang dibutuhkan. Penting pula untuk menggali banyak informasi dari pasien mengenai ekspektasinya, demi mendapatkan hasil maksimal yang diinginkan.”

 

Umumnya pasien akan mendapatkan hasil terbaik setelah 5-10 kali tindakan dengan jarak 1-2 kali seminggu.  Durasi tindakan berkisar 30-60 menit, tergantung pada area tubuh yang akan diterapi. Teknologi teknologi laser dan SCT System memungkinkan pasien melakukan skin toning, skin firming, dan skin tightening dengan hasil yang signifikan, cepat dan aman serta dapat dilihat hasilnya setelah perawatan pertama, namun untuk dapat membuat efek bertahan lama diperlukan treatment maintenance.

 

Chief Executive Officer RS Pondok Indah Group, dr. Yanwar Hadiyanto, MARS, mengatakan, “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan teknologi kesehatan dan estetika terkini untuk memberikan kualitas terbaik bagi kesehatan dan kenyamanan pasien. Kedua teknologi yang tersedia di Skin & Aesthetic Clinic RS Pondok Indah – Puri Indah melengkapi fasilitas kami dalam membantu masyarakat mengatasi permasalahan kulit dan kecantikan. Klinik kami didukung dokter spesialis kulit dan kelamin yang kompeten dan dilengkapi dengan teknologi terkini. RS Pondok Indah Group akan terus menyediakan pelayanan kesehatan terdepan dalam dunia medis di Indonesia.”