Published On: Tue, Sep 23rd, 2014

Telkomsel Raih Empat Penghargaan di 2014 Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards

Telkomsel-2014-Indonesia-Best-Practices-AwardsJakarta, 23 September 2014 – Telkomsel meraih empat penghargaan pada ajang 2014 Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards di Jakarta, Selasa (23/9). Telkomsel kali ini dinobatkan sebagai “2014 Indonesia Green BTS Operator of the Year”, “2014 Indonesia Mobile Broadband Service Provider of the Year”,  “2014 Indonesia Mobile Data Service Provider of the Year”, dan “2014 Indonesia Mobile Service Provider of the Year”. Keempat penghargaan yang diraih secara sekaligus ini semakin mengukuhkan posisi Telkomsel sebagai pemimpin di industri seluler tanah air, khususnya di dalam mobile data service provider.

Direktur Utama Telkomsel Alex J. Sinaga mengatakan “Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari transformasi perusahaan yang kami lakukan guna meraih pertumbuhan double digit yang berkelanjutan di tengah-tengah ketatnya kompetisi industri telekomunikasi di era digital saat ini. Tentunya kami akan terus menghadirkan berbagai inovasi yang didukung oleh infrastruktur yang prima untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi pelanggan.”

Meski penetrasi seluler sudah mencapai hampir 100%, namun pasar di industri telekomunikasi seluler masih mempunyai ruang untuk berkembang, khususnya pada mobile data. Hal ini didukung oleh semakin gencarnya perkembangan broadband dan smartphone, yang akan mendorong perkembangan data dan digital business.

Hingga semester I/2014, Telkomsel sendiri mengalami kenaikan trafik data hingga 147% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2013. Hal ini diantaranya disebabkan oleh semakin bertambahnya pula pengguna smarthphone di Indonesia (naik 56,8 % dibandingkan semester I/2013). Saat ini Telkomsel memiliki  sebanyak 63,3 juta pelanggan data atau tumbuh 22,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Dapat meraih Indonesia Mobile Data Service Provider of the Year merupakan bentuk pencapain seluruh elemen perusahaan di dalam memberikan layanan data dengan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Penghargaan ini pun merupakan bentuk nyata kepuasan pelanggan dalam menikmati layanan data yang kami tawarkan”, ungkap Alex.

Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan dalam menikmati layanan data yang cepat dan stabil, dimanapun dan kapanpun, Telkomsel pun didukung oleh lebih dari 80,000 BTS (dengan lebih dari 35,000 BTS 3G/Node B) yang mampu menjangkau hingga 98% penduduk Indonesia.

“Segala yang kami lakukan saat ini merupakan upaya perusahaan guna mencapai visi sebagai penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya. Untuk itu kami akan secara konsisten membangun negeri melalui ketersediaan layanan telekomunikasi bergerak, termasuk penggunaan teknologi seluler terkini hingga ke pelosok tanah air, khususnya pada layanan data yang menunjukkan peningkatan trend pemakaian di masyarakat. Kami pun akan terus membangun ekosistem digital Indonesia melalui pendekatan pengembangan DNA atau Device, Network and Applications“, tutup Alex.

2014 Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards dilakukan berdasarkan penilaian dewan juri yang terdiri dari pencapaian perusahaan di dalam leadership, inovasi teknologi, customer service, dan strategic product development. Di dalam award ini, para analis kemudian melakukan pengukuran terhadap performansi perusahaan melalui in-depth interview, anailsa, dan penelitian yang mendalam guna mengidentifikasi best practices di dalam berbagai industri (Lingkungan, Energi, Kesehatan, Otomotif dan Elektronik).

***

Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel adalah operator selular terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 138 juta. Untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan Negara, Telkomsel menggelar 80.000 BTS. Telkomsel secara konsisten mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, serta uji coba teknologi Long Term Evolution (LTE) dalam upaya memandu perkembangan industri telekomunikasi selular di Indonesia memasuki era mobile broadband. Salah satu program yang dicanangkan adalah membangun Broadband City di Indonesia, dimana saat ini telah mencapai 369 kota. Untuk melayani kebutuhan pelanggan, Telkomsel menggelar call center 24 jam dan 413 pusat layanan GraPARI yang tersebar di seluruh Indonesia.