Published On: Fri, Oct 17th, 2014

Telunjuk.com Rilis Aplikasi Mesin Pencarian Belanja Fashion Berbasis Teknologi Image Recognition

piktu-telunjukJakarta, 16 Oktober 2014 – Telunjuk.com hari ini merilis aplikasi pencari produk fashion pertama di Indonesia, yang diberi nama ‘Piktu’. Aplikasi mobile ini memiliki sistem referensi pencarian produk yang unik, yaitu berdasarkan foto. Sistem ini dirancang secara khusus untuk membantu para penggemar belanja online fashion agar lebih mudah dalam proses pemilihan. Telunjuk.com memiliki merchant-merchant besar dengan core market di dunia fashion, seperti Zalora, Berrybenka, dan VIP Plaza. Piktu dibuat atas dasar pentingnya memberikan pelayanan yang mempermudah market tersebut, dimana produk dari toko-toko tersebut akan ditampilkan dalam aplikasi ini.

“Kami menyadari pentingnya proses pencarian produk secara visual dalam kegiatan belanja online, terutama untuk produk-produk fashion. Kami ingin membantu para pengguna smartphone, yang juga gemar berbelanja produk fashion, dengan aplikasi yang bisa mempermudah proses tersebut. Oleh karena itu aplikasi ini akan beroperasi berdasarkan referensi foto.”, jelas Narendrata, CMO Telunjuk.com

Setelah memahami potensi tersebut, Piktu pun dikembangkan. Teknologi yang digunakan dalam aplikasi ini berbasis image recognition, baik yang diambil dengan kamera maupun yang sudah tersimpan di dalam handphone penggunanya sendiri. Proses pemakaian Piktu dimulai dengan mengambil foto, kemudian pengguna menentukan gender dan item fashion yang dicari. Berdasarkan referensi foto dan filter tersebut, aplikasi Piktu akan menampilkan produk-produk apa saja yang dijual di toko-toko merchant yang ada.

Saat ini aplikasi Piktu sudah tersedia di Google PlayStore, dan dapat langsung diunduh bagi pemakai smartphone berkamera dan pengguna OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Piktu bagi para pengguna iOS Apple dan Windows Phone akan menyusul segera.

Sebagai tambahan, Piktu adalah buah hasil dari ‘waktu kreatif’, dimana setiap anggota tim Telunjuk.com mendapatkan 18% dari waktu kerja mereka untuk diberikan kebebasan dalam menambah ide dan inovasi yang dapat meningkatkan kinerja perusahaan. ‘Waktu kreatif’ yang dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Jonathan Lintang, sebagai Mobile Developer, sehingga dapat menyelesaikan Piktu hanya dalam waktu satu bulan.

“Awalnya, di waktu kreatif 18% kami, kami memperhatikan pentingnya keberadaan kamera yang bagus bagi para pengguna smartphone saat ini. Di waktu yang bersamaan kami sedang mempelajari tentang image recognition. Pada saat itulah tercetus ide pembuatan Piktu, dimana kami menggabungkan perilaku pengguna smartphone dengan sistem image recognition.”, ujar Jonathan Lintang, Mobile Developer Telunjuk.com.

Tentang PT. Telunjuk Komputasi Indonesia
Berdiri pada Februari 2012, Telunjuk.com adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi internet, dengan fokus layanannya adalah sebagai mesin pencari (search engine), yang khusus untuk mencari produk-produk dari toko-toko online di seluruh Indonesia. Tersedia lebih dari empat juta produk dari berbagai toko online terpercaya.