Published On: Thu, Jun 23rd, 2016

Tetap Fit di Bulan Suci

fit sh

www.shutterstock.com

Jakarta, 23 Juni 2016- Saat kita berpuasa bukan berarti kita tidak dapat berolahraga demi menjaga kesehatan. Apalagi bagi mereka yang memiliki bobot tubuh di atas normal. Karena meskipun sedang berpuasa, tubuh juga dapat mengalami kenaikan berat badan jika tidak menjalani pola hidup yang sehat selama bulan puasa, maka dari itu olahraga dapat dilakukan untuk menjaga berat badan agar tidak mudah naik lagi. Tentunya badan yang sehat dan fit juga akan menunjang penampilan Anda di Hari Raya nanti.

Meskipun tubuh sedang berpuasa, namun kita tetap bisa menjalani olahraga. Ketika berpuasa tubuh menggunakan cadangan lemak yang ada di dalam tubuh untuk membentuk energi. Lemak inilah yang dibakar ketika olahraga.

Semua bentuk olahraga dapat dilakukan selama berpuasa. Baik itu yang sifatnya ringan, seperti maupun olahraga yang memiliki intensitas tinggi. Bahkan jika pada hari biasa Anda rajin melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, maka selama berpuasa pun akan lebih baik apabila Ada tetap melakukan kebiasaan tersebut. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga ritme tubuh Anda dan jangan sampai tubuh yang sudah Anda capai sebelumnya akan kembali seperti semula.

Kapan Harus Berolahraga Saat Puasa?

Hindarilah berolahraga disaat siang hari, berolahraga di siang hari saat berpuasa sangat berbahaya, karena otomatis anda tidak dapat mengkonsumsi cukup protein setelah berolahraga. Tanpa asupan protein yang cukup, justru penguraian ototlah yang akan terjadi. Tidak hanya itu, olahraga di siang hari juga dapat menyebabkan dehidrasi, dan tentunya anda tidak dapat merehidrasi tubuh anda tanpa membatalkan puasa anda.

Cara berolahraga saat puasa yang dapat menyegarkan badan dan juga dapat dijalankan pada sore hari ketika menunggu berbuka. Bisa lari-lari kecil atau bersepeda sambil menunggu datang adzan Maghrib. Begitu pentingnya menjalani olahraga saat puasa, namun yang perlu diperhatikan yaitu harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Jadi perhatikan jenis olahraga yang dijalani, waktu dan durasinya.

Waktu terbaik untuk berolahraga, baik olahraga kardio maupun latihan beban adalah kira-kira satu jam sebelum waktu berbuka puasa. Bagi Anda yang ingin mengurangi lemak tubuh, kardio di waktu ini sangat dianjurkan, karena tubuh Anda sudah teradaptasi lebih baik dalam membakar lemak. Begitu pun Anda yang nge-gym, karena Anda dapat segera memulihkan tubuh dengan

mengkonsumsi protein dan karbohidrat yang cukup. Tidak hanya itu, waktu-waktu sebelum buka puasa adalah waktu yang paling optimal untuk membentuk otot karena kadar testosterone dalam tubuh Anda paling tinggi di waktu tersebut.

Cara olahraga saat puasa ini bisa menjadi masukkan bagi Anda. Dengan berolahraga, puasa yang dijalani juga akan terasa menyenangkan. Tubuh akan tetap bugar meskipun Anda sedang berpuasa. Yang perlu Anda ingat adalah asupan karbohidrat yang cukup pada saat jeda sebelum berolah raga atau setelah berolahraga. Air kelapa, pisang atau kurma cukup ringan untuk Anda konsumsi selama puasa namun cukup membrikan asupan karbohidrat, mengingat kecenderungan perut akan lebih cepat merasa kenyang jika Anda mengonsumsi makanan yang lebih berat.

 


ride jktApa Olahraga yang Tepat?

Jika Anda ingin melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, Indoor cycling atau bersepeda dalam ruangan bisa menjadi salah satu pilihan. Saat berpuasa, kegiatan olahraga yang tidak memakan banyak waktu serta dilakukan dalam ruangan tentu akan lebih tepat dilakukan. Selain waktu yang terukur, kebersamaan dalam suatu ruangan juga akan memberikan motivasi lebih selain menghindarkan Anda dari terik matahari. Saat ini, diantara banyak tempat yang menawarkan indoor cycling, RIDE bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ada beberapa kelebihan yang dapat Anda rasakan bersama RIDE, sebagai salah satu studio indoor cycling yang terdepan di Jakarta, RIDE akan mengajak Anda fokus dalam berolahraga bersama dengan instruktur-instruktur yang memiliki sertifikat resmi untuk memberikan sesi kelas indoor cycling yang efektif. Dengan ruangan yang nyaman, musik yang seru serta kebersamaan dengan teman-teman Anda, kelas indoor cycling yang berlangsung selama 45 menit tidak akan terasa melelahkan bagi Anda yang berpuasa.

Selain itu, RIDE berlokasi di Bengkel, SCBD yang mudah dan terjangkau. Jadi, Anda tidak perlu repot jika ingin berolahraga disaat puasa. Anda tetap dapat menjalani kewajiban Anda dalam berpuasa sekaligus Anda juga tetap dapat menjaga tubuh tetap fit.