Published On: Tue, Jun 9th, 2015

The Paranormal Zone S3 Berkeliling Asia Tenggara

Share This
Tags

the paranormal zoneJakarta, 9 Juni 2015 – Pemandu acara yang pemberani dan dinamis, Li Kim kembali dengan penyelidikan yang lebih mendebarkan dari dunia paranormal. The Paranormal Zone musim ke-3 yang sangat dinantikan akan menampilkan Li Kim mengunjungi Indonesia dan Asia Tenggara, memberi penonton pengalaman yang luar biasa saat menyaksikannya menyelidiki seni mistik kuno di Indonesia dan bertualang untuk mempelajari budaya misterius dan keyakinan dari Singapura modern.

Setelah dua (2) musim petualangan mendebarkan dan pertemuan luar biasa dengan lebih dari jenis ketiga, The Paranormal Zone musim ke-3 kembali dengan penyelidikan yang lebih menarik di Asia, memungkinkan penonton untuk melihat lebih dekat cerita emosional dibalik menghantui, kesurupan dan eksorsisme. Di musim ini, Li Kim juga mempelajari misteri legenda pantai selatan Parangtritis, pusaka berharga yang dikenal dengan nama Keris, dan mengungkap misteri Kuntilanak.

Dipandu oleh si pemberani Phng Li Kim, dokumenter berbasis realitas akan menyelidiki fenomena rahasia, aneh dan tak dapat dijelaskan dengan tujuan akhir untuk menginformasikan penonton mengenai perspektif mistis dan ilmiah, atau akademis untuk topik-topik seperti menghantui, regresi, hantu dan roh, trans dan mitos lokal; saat Li Kim berbicara kepada peneliti, praktisi, penggemar, orang yang percaya, saksi dan orang yang skeptis untuk melihat lebih dalam mengenai pertemuan mereka yang luar biasa.

Pada musim ketiga, penonton akan mengikuti Li Kim saat ia melakukan perjalanan ke Indonesia untuk belajar tentang ilmu hitam dan roh di Jawa, bertanya kepada dukun tentang keberadaan hantu dan menyelidiki praktik mistis seperti Kebatinan, Kejawen dan Tenaga Dalam; kunjungan ke rumah hantu dan desa terlantar di Sabah, berbicara dengan saksi,

 

peneliti, ilmuwan dan spiritualis tentang penyelidikan UFO di Malaysia;  mengikuti jejak Bigfoot di Malaysia dan Singapura dan belajar tentang kebenaran Death House (Rumah Kematian) di Sago Lane.

Musim ketiga dari The Paranormal Zone adalah co-produksi antara Kechara Media and Publication dari Malaysia dan saluran Syfy NBCUniversal Internasional Networks. Serial ini juga akan ditayangkan pertama dan eksklusif di kawasan Asia di saluran Syfy.

The Paranormal Zone Musim ke-3 tayang perdana pada hari Senin, 15 Juni pukul 21.50 WIB di Syfy (IndoVISION Ch. 165, First Media Ch. 336).

 

-end-

 

About NBCUniversal International Networks

NBCUniversal Networks International adalah salah satu portofolio hiburan utama dunia, yang memberikan kualitas konten dan merek kuat ke lebih dari 176 wilayah di seluruh Eropa, Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin dan Asia Pasifik. Merek channel dalam portofolio meliputi Universal Channel, Syfy, E! Entertainment Television, 13th Street, DIVA, Studio Universal, Telemundo, The Style Network dan Golf Channel. Merek unik ini menghadirkan berbagai pengalaman hiburan untuk penonton lokal di seluruh dunia; portofolio juga termasuk Movies 24 di Inggris. Selain itu NBCUniversal News Group, salah satu portofolio berita on-air dan digital paling berpengaruh dan dihormati, juga mengoperasikan CNBC dan NBC News secara internasional.

NBCUniversal Internasional Networks adalah sebuah divisi dari NBCUniversal, salah satu perusahaan media dan hiburan terkemuka di dunia dalam pengembangan, produksi, dan pemasaran hiburan, berita, dan informasi ke khalayak global. NBCUniversal memiliki dan mengoperasikan portofolio berita dan jaringan televisi hiburan, sebuah perusahaan film ternama, operasi produksi televisi signifikan, kelompok stasiun televisi terkemuka, taman hiburan terkenal di dunia, dan jajaran bisnis berbasis Internet terkemuka. NBCUniversal merupakan anak perusahaan dari Comcast Corporation.

 

*****

 

THE PARANORMAL ZONE Musim 3 – Ringkasan Episode

 

 

Episode 1 – The Silent Occupants

 

Ada rumah berhantu di mana-mana dan setiap rumah berhantu menyembunyikan kisah gelap. Li Kim dalam perjalanan menuju Kundasang, Sabah, untuk mengeksplorasi cerita misterius di balik beberapa rumah berhantu. Dia ditemani dukun setempat serta mempelajari tentang hubungan antara hantu, sejarah dan budaya Sabah sendiri.

 

Dalam episode ini, Li Kim juga menggali mitos di balik desa yang ditinggalkan, yang dikabarkan telah ditinggalkan tiba-tiba karena suatu wujud, yang melepaskan neraka di atas penduduk desa. Apakah wujud tersebut masih melingkupi desa itu? Apakah penyebab sebenarnya di balik kepergian mereka yang tiba-tiba? Ikuti Li Kim saat ia bertualang di wilayah itu bersama angin.

 

 

Episode 2 – The Balan-Balan

 

Balan-balan adalah sesuatu yang terkenal dan jahat dalam cerita rakyat Sabah, juga dikenal sebagai Penanggal (setan dengan tubuh terpisah) di Semenanjung Malaysia . Namun, Balan-balan tidak seperti apa yang tampak bagi orang-orang yang tinggal di semenanjung tersebut. Apakah Balan-balan itu nyata? Apakah itu makhluk yang sama dengan Penanggal seperti yang dikenal di Semenanjung Malaysia? Apakah itu penyakit? Apakah itu sesuatu yang baik atau jahat? Li Kim melakukan perjalanan ke Sabah untuk mengetahui lebih lanjut tentang Balan-balan, yang membuat dia dan penonton untuk merenungkan keberadaan sebenarnya tentang Balan-balan.

Episode 3 – The Devil Inside

 

Iblis adalah penggoda sekaligus pembujuk yang menarik-narik keinginan kita, menyeret kita menjauh dari sifat-sifat positif kita. Ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan, kita marah, depresi bahkan dapat menjadi kasar. Pernahkah Anda merasa sakit dan tidak sehat, tetapi tidak dapat menemukan penyebabnya secara medis bahkan setelah ke berobat dokter? Dalam episode ini, Li Kim meneliti aspek psikologis dari roh kepemilikan melalui proses penyembuhan perdukunan kuno Puteri Utama dan metode psikosomatik modern yang dikenal sebagai Konstelasi Universal. Apakah seseorang benar-benar dikuasai oleh sesuatu yang berada di luar diri mereka seperti hantu ataukah itu akibat keinginan yang tidak terpenuhi, yang mengarah kepada depresi? Li Kim akan mengungkap apakah iblis itu ada di dalam atau di luar diri Anda.

 

Episode 4 – The UFO Enigma

 

Ada kasus-kasus dan referensi tentang kehidupan di luar bumi dan kunjungan-kunjungan oleh makhluk luar angkasa sejak zaman kuno maupun dalam teks-teks agama kuno seperti di India dan Mesir. Saat ini, para ilmuwan mengeksplorasi kemungkinan adanya kehidupan di luar angkasa. Namun mengapa tidak ada bukti kuat bahwa ET ini atau alien ada? Apa yang kita miliki adalah penampakan aneh di langit yang dikenal sebagai Unidentified Flying Objects (UFO ) dan artefak arkeologi samar.

 

Baik ilmu pengetahuan maupun spiritualitas tidak mengabaikan keberadaan ET dan kehidupan di luar bumi, tetapi apakah semua itu menghapuskan atau mendukung dalilnya satu sama lain? Dalam episode ini, Li Kim akan berbicara dengan para saksi dan peneliti serta ilmuwan dan spiritualis yang akan mengumpulkan penyelidikan menyeluruh tentang UFO di Malaysia.

Episode 5 – Java Mysticism – Ancient Wisdom in the Modern World

 

Kebatinan, Kejawen dan tenaga dalam adalah beberapa praktik mistis di Pulau Jawa, Indonesia, sebagai metode spiritual yang berlangsung sebelum masa Hinduisme dan Budhaisme. Dalam episode ini, Li Kim melakukan perjalanan ke Yogyakarta untuk secara pribadi mempelajari dan merasakan energi ini yang berasal dari Gunung Merapi dan Parangtritis di Pantai Selatan, yang tampaknya masih hidup di hati masyarakat Jawa. Tapi mampukah hal ini bertahan dalam ujian waktu dan seberapa jauh telah berubah sejak awal sejarah? Di sini Li Kim mencari tahu apakah Kejawen yang berarti daya internal Anda, lebih kuat atau apakah berada di luar diri Anda. Praktek kuno tentunya lebih mistis dimana ada fokus pada yang tak terkalahkan (tidak bisa terluka oleh senjata) dan dalam konteks saat ini, lebih berfokus pada kesejahteraan emosional. Mengapa? Karena pada masa lalu, ada perang fisik dan prajurit berada dalam pertempuran. Saat ini, semua perang sebenarnya adalah perang mental dan dalam dunia bisnis. Dengan demikian, apakah praktek mistik Jawa masih murni dan relevan?

 

Episode 6 – Bigfoot in Malaysia (bagian 1)

 

Apakah Bigfoot itu nyata? Jika nyata, apakah itu binatang atau makhluk gaib? Ini adalah dua episode yang menampilkan pencarian Li Kim tentang Bigfoot di Malaysia. Jejak kaki yang diduga milik makhluk ilusi ini terlihat di Johor, selatan Semenanjung Malaysia, pada beberapa tahun terakhir. Meskipun ada temuan-temuan Harold Stephens di Endau pada 1974. Seorang peneliti Bigfoot terkemuka dari Amerika Utara, John Green, mengatakan hanya data ilmiah dan tabulasi yang dapat diterima dan bukan mitos dan legenda dari penduduk asli. Namun jika penduduk asli dari benua berbeda yang tidak terkait dengan waktu dan teknologi, menceritakan kisah yang sama, mungkin ada kebenaran ilmiah dalam legenda mereka. Dalam petualangan dua bagian ini, Li Kim akan menjelajahi habitat nokturnal Bigfoot bersama penduduk asli sambil mencari jawaban dari ahli primata terkenal di dunia, Dr. Jane Goodall, tentang keberadaan Bigfoot.

 

 

Episode 7 – Bigfoot in Malaysia (bagian 2)

 

Apakah Bigfoot itu nyata? Jika nyata, apakah itu binatang atau makhluk gaib? Ini adalah dua episode yang menampilkan pencarian Li Kim tentang Bigfoot di Malaysia. Jejak kaki yang diduga milik makhluk ilusi ini terlihat di Johor, selatan Semenanjung Malaysia, pada beberapa tahun terakhir. Meskipun ada temuan-temuan Harold Stephens di Endau pada 1974. Seorang peneliti Bigfoot terkemuka dari Amerika Utara, John Green, mengatakan hanya data ilmiah dan tabulasi yang dapat diterima dan bukan mitos dan legenda dari penduduk asli. Namun jika penduduk asli dari benua berbeda yang tidak terkait dengan waktu dan teknologi, menceritakan kisah yang sama, mungkin ada kebenaran ilmiah dalam legenda mereka. Dalam petualangan dua bagian ini, Li Kim akan menjelajahi habitat nokturnal Bigfoot bersama penduduk asli sambil mencari jawaban dari ahli primata terkenal di dunia, Dr. Jane Goodall , tentang keberadaan Bigfoot.

Episode 8 – Spritual Singapore

 

Singapura adalah negara kota kosmopolitan berkembang, dengan memiliki per-kapita GDP tertinggi ketiga di dunia. Namun di balik bangunan teratur, lingkungan kewirausahaan, dan ekonomi yang efisien yang didominasi masyarakat yang percaya takhayul dimana orang-orang Singapura memberi penghormatan kepada tradisi dan kebudayaan yang dipercaya untuk kehidupan mereka yang lebih baik. Di abad ke-21, apakah modernitas mengubah sikap orang-orang Singapura? Apakah para generasi muda akan mengurangi ketergantungan mereka terhadap jimat dan pernak-pernik? Bergabunglah bersama Li Kim saat ia mengeskplorasi sisi yang tak terlihat pada Singapura.

 

Episode 9 – Pusaka – Keris Nusantara

 

Pusaka atau warisan dalam Bahasa Inggris merupakan bagian penting dari tatanan sosial-budaya di Jawa. Faktanya, sebuah pusaka yang diberikan oleh nenek moyang seseorang atau guru yang dominan cenderung menjadi obyek kuat dan sakral yang memperkaya seseorang secara fisik, emosional, mental dan spiritual. Hal ini tidak hanya berlaku di Timur, tetapi juga di Barat dimana seorang anak mewarisi pisau berburu ayahnya atau koin yang membawa keberuntungan.

Dalam episode ini, Li Kim memperkenalkan senjata purba dari Kepulauan Melayu yang dikenal sebagai Keris, yang dikatakan sebagai pusaka berdaulat yang merupakan pemberdayaan obyek eksternal untuk mewakili energi batin kita. Setiap Keris dibuat khusus untuk setiap orang oleh seorang ahli yang dikenal sebagai Empu, yang secara khusus melakukan disiplin spiritual yang ketat. Dia ‘mengisi’ dan memantrai Keris dengan doa, bahkan memasukkan ‘roh’ ke dalam Keris untuk membantu si pemilik. Pertanyaannya adalah apa yang terjadi jika Keris itu digunakan untuk menyakiti atau roh negatif dimasukkan ke dalam Keris?

 

 

Episode 10 – Ghosts in Java

 

Cerita hantu yang merajalela dimana-mana dan pertemuan dengan roh-roh merupakan hal yang umum di hampir setiap bagian dunia. Di Jawa, Indonesia, hampir setiap orang memiliki pengalaman paranormal. Hal ini menginspirasi Li Kim untuk mengetahui lebih lanjut tentang kepercayaan masyarakat dan legenda urban ini. Mengapa ada keyakinan bahwa ketika seorang wanita hamil meninggal, rohnya menjadi hantu yang marah karena tidak bisa memenuhi keinginannya untuk menjadi seorang ibu kemudian berubah menjadi Kuntilanak? Mengapa atribut negatif tertentu dikaitkan dengan roh perempuan padahal energi perempuan dikenal mencintai, peduli dan berbelas kasih? Dalam episode ini, Li Kim berbincang dengan dua dukun (shaman) yang mengklaim mampu melakukan ritual untuk memanggil roh perempuan tertentu untuk membuktikan keberadaan mereka, juga kepada penduduk setempat yang sangat percaya bahwa mereka dihantui? Apakah pertemuan-peremuan spiritual ini nyata? Bisakah yang tak terlihat mampu membuat kehadiran mereka dapat dirasakan dan terlihat?

 

 

Episode 11 – Mystic Magic and Medical Science

 

Ilmu hitam secara terbuka dipraktekkan di Asia Tenggara dan banyak terjadi di Thailand, Indonesia dan khususnya di wilayah Jawa. Kunjungan ke tempat-tempat seperti Pasar Beringharjo, Yogyakarta, akan mengungkapkan bagaimana dengan mudah orang dapat mengakses praktek gelap ini. Juga lazim terjadi jika seseorang yang diserang oleh ilmu hitam menderita gejala yang tidak dapat disembuhkan dengan ilmu kedokteran. Apa yang harus dilakukan dokter? Dapatkah penyembuhan spiritual diberikan sebagai metode penyembuhan alternatif di rumah sakit? Kasus seorang wanita yang tubuhnya kemasukan lebih dari 2.000 paku yang harus dikeluarkan dengan operasi dan disembuhkan secara spiritual mendorong tim dokter di Yogyakarta mempertanyakan keterbukaan industri medis dalam mengobati pasien demikian. Li Kim akan menyelidiki lebih dalam isu sensitif ini dan pada saat yang sama menyajikan kebenaran di balik praktik ilmu hitam.

 

Episode 12 – Hauntings in Singapore: Bagian 1

 

Untuk salah satu Negara paling maju di Asia, Singapura merupakan salah satu Negara yang ternyata penuh dengan cerita misteri. Li Kim mengeksplorasi sejarah dan legenda di berbagai lokasi di Singapura yang terkenal keangkerannya. mulai dari “rumah kematian” sampai ke taman dimana pembunuhan kejam terjadi, Li Kim, ditemani oleh orang pintar, mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk mengetahui energi yang masih ada.

 

Episode 13 – Hauntings in Singapore: Bagian 2

 

Di bagian kedua pada 2 episode ini, Li Kim terus menyelidiki apakah ada bukti keberadaan energi spiritual di tempat kematian tragis, dan jika demikian, bagaimana mereka menghadapinya. Dia juga melakukan perjalanan ke Pulau Ubin dimana ada sebuah kuil misterius dengan seorang gadis Jerman. Siapa gadis Jerman ini dan mengapa ada gadis itu di kuil tersebut? Saksikan episode menarik ini dan temukan kebenerannya melalui investigasi Li Kim.