Published On: Fri, Jan 29th, 2016

Tingkat Kepuasan Karyawan Bank-bank Terbesar di Indonesia

bank

Jakarta, 29 Januari 2016 Jobplanet, platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, melakukan analisis terhadap tingkat kepuasan karyawan di empat bank terbesar di Indonesia, berdasarkan data yang terdapat dalam website Jobplanet hingga pertengahan Januari 2016.

 

Keempat bank tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI). Keempat bank tersebut juga merupakan bank dengan jumlah konten terbanyak di Jobplanet, di mana total konten dari keempatnya hingga pertengahan Januari lalu telah mencapai hampir 7.000 konten, meliputi review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara.

 

Dalam website Jobplanet, ada beberapa faktor yang dinilai oleh para pengguna—yang juga merupakan pencari kerja serta karyawan dan mantan karyawan suatu perusahaan—dalam setiap review mereka. Di antaranya adalah, faktor gaji dan tunjangan, work-life balance (keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan), manajemen perusahaan, serta tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan secara umum.

 

Setiap faktor tersebut dinilai berdasarkan rating 1 hingga 5, yang mewakili “Sangat Tidak Puas” hingga “Sangat Puas”. Semakin tinggi rating yang diberikan oleh pengguna, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka terhadap faktor internal di perusahaan tempat mereka bekerja.

 

Berikut hasil analisis mengenai tingkat kepuasan karyawan secara umum, tingkat kepuasan terhadap gaji dan tunjangan, tingkat work-life balance, serta tingkat kepuasan terhadap manajemen di keempat bank tersebut:

 

Tingkat kepuasan karyawan
Jika dilihat dari tingkat kepuasan karyawan secara umum, BCA menempati posisi tertinggi dengan rating kepuasan karyawan mencapai 4,0. Sementara rating kepuasan karyawan BNI adalah sebesar 3,7; Bank Mandiri sebesar 3,6; dan rating kepuasan karyawan BRI adalah 3,5.

 

Tingkat kepuasan terhadap gaji dan tunjangan

Menurut penilaian para karyawan dan mantan karyawan, rating kepuasan gaji dan tunjangan BCA masih menduduki posisi tertinggi jika dibandingkan dengan ketiga bank lainnya. Rata-rata rating kepuasan karyawan BCA terhadap gaji dan tunjangan mereka adalah sebesar 3,9; diikuti oleh BNI sebesar 3,6; Bank Mandiri sebesar 3,5; dan BRI sebesar 3,4.

 

Tingkat work-life balance

Tingkat work-life balance berhubungan dengan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadinya. Tiga bank BUMN terbesar, yakni Bank Mandiri, BNI, dan BRI, mendapatkan rating work-life balance yang sama dari para karyawan, yakni sebesar 3,2. Sementara, rating work-life balance yang diperoleh BCA sebesar 3,8.

 

Tingkat kepuasan terhadap manajemen

Salah satu faktor internal yang paling menentukan tingkat kepuasan karyawan secara umum adalah manajemen perusahaan. Dari keempat bank terbesar ini, BCA meraih rating manajemen tertinggi dari para karyawan dan mantan karyawan yang juga merupakan pengguna Jobplanet, yakni 3,7. Bank Mandiri dan BNI mendapatkan rating manajemen yang sama, yakni 3,4; sementara BRI mendapatkan rating 3,2.

 

Kesimpulan

Penilaian karyawan terhadap beragam faktor internal, seperti gaji dan tunjangan, work-life balance, dan manajemen perusahaan mempengaruhi tingkat kepuasan mereka secara umum terhadap perusahaan. Semakin tinggi rating yang diberikan oleh karyawan untuk setiap faktor internal tersebut, akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka terhadap perusahaan.

 

“Dari antara keempat bank tersebut, misalnya, BCA meraih rating kepuasan tertinggi dalam hal gaji dan tunjangan, work-life balance, dan manajemen. Hal itu mempengaruhi tingkat kepuasan karyawan secara umum, sehingga bank tersebut juga meraih tingkat kepuasan paling tinggi di antara bank-bank lainnya,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

 

“Meski begitu, berdasarkan data yang kami himpun dari database kami, keempat bank tersebut memiliki tingkat kepuasan karyawan di atas rata-rata. Sebagai informasi, rata-rata rating kepuasan karyawan secara keseluruhan dari perusahaan-perusahaan perbankan yang terdapat dalam website Jobplanet adalah 3,2. Sementara rata-rata rating kepuasan karyawan BCA, BNI, Bank Mandiri, dan BRI adalah di atas itu,” Kemas menambahkan.

 

Informasi detail mengenai masing-masing bank, meliputi jumlah total konten terkait perusahaan mereka di website Jobplanet serta rating kepuasan para karyawan terhadap berbagai faktor internal di perusahaan dapat dilihat pada halaman berikut.

 

 

 

Berikut adalah detail dari masing-masing bank, meliputi jumlah total konten pada pertengahan Januari 2016, serta rating kepuasan para karyawan terhadap berbagai faktor internal di perusahaan. Informasi ini berdasarkan penilaian yang diberikan oleh para pengguna Jobplanet, yang juga merupakan karyawan dan mantan karyawan bank yang bersangkutan.

 

  • PT Bank Mandiri Tbk

Total konten: 1.753

Rating Kepuasan Karyawan: 3,6

Rating Gaji & Tunjangan: 3,5

Rating Work-life Balance: 3,2

Rating terhadap Manajemen: 3,4

 

  • PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI)

Total konten: 657

Rating Kepuasan Karyawan: 3,7

Rating Gaji & Tunjangan: 3,6

Rating Work-life Balance: 3,2

Rating Manajemen: 3,4

 

  • PT Bank Central Asia Tbk atau (BCA)

Total konten: 1.697

Rating Kepuasan Karyawan: 4,0

Rating Gaji & Tunjangan: 3,9

Rating Work-life Balance: 3,8

Rating Manajemen: 3,7

 

  • PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)

Total konten: 2.732

Rating Kepuasan Karyawan: 3,5

Rating Gaji & Tunjangan: 3,4

Rating Work-life Balance: 3,2

Rating Manajemen: 3,2