Published On: Fri, Feb 12th, 2016

Tingkat Kepuasan Karyawan Perusahaan Telekomunikasi di Indonesia Terhadap Gaji dan Tunjangan Mereka

salary-raise-300x300Jakarta, 12 Februari 2016 – Di era digital seperti sekarang ini, perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri telekomunikasi menghadapi persaingan yang semakin ketat, bukan hanya dalam hal merebut pasar tetapi juga dalam merekrut tenaga kerja terbaik. Sementara itu, dari sisi tenaga kerja, industri telekomunikasi dipandang sebagai industri yang “berkilau” dan berpotensi untuk terus berkembang. Selain itu, banyak pula orang memandang perusahaan telekomunikasi sebagai perusahaan yang memberikan gaji dan tunjangan yang menarik bagi para karyawannya.

 

Terkait dengan hal itu, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, merilis hasil analisis tingkat kepuasan karyawan perusahaan telekomunikasi di Indonesia terhadap gaji dan tunjangan mereka. Dalam analisisnya kali ini, Jobplanet mengambil sampel sepuluh perusahaan telekomunikasi yang telah mendapatkan review terbanyak dari para karyawan dan mantan karyawan mereka. Kesepuluh perusahaan tersebut adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Ooredoo (Indosat), PT XL Axiata Tbk (XL), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), PT Telkom Akses, PT Huawei Tech Invesment (Huawei), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Ericsson Indonesia (Ericsson), dan PT Supra Primatama Nusantara (Biznet).

 

Dari analisisnya, Jobplanet menemukan bahwa rating atau tingkat kepuasan karyawan Telkomsel, Ericsson, Telkom, XL, dan Biznet terhadap gaji dan tunjangan mereka berada di atas rata-rata tingkat kepuasan karyawan perusahaan telekomunikasi secara keseluruhan. Hasil analisis ini disusun berdasarkan data yang terdapat dalam website Jobplanet hingga akhir Januari 2016, di mana data-data tersebut berasal langsung dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan, yang juga merupakan pengguna Jobplanet.

 

Hingga akhir Januari lalu, total konten yang dimiliki oleh kesepuluh perusahaan telekomunikasi tersebut telah mencapai lebih dari 4.000 konten, meliputi review perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan wawancara. Dari keseluruhan konten tersebut, sekitar 2.200 di antaranya merupakan informasi gaji yang berasal dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan.

 

Perbandingan gaji rata-rata karyawan di bidang teknis dan non-teknis

Dalam menganalisis gaji, Jobplanet mengelompokkan karyawan perusahaan telekomunikasi berdasarkan posisi mereka di perusahaan, yakni level staf dan manajer, serta bidang pekerjaan mereka, yakni teknis dan non-teknis. Profesi di bidang teknis, misalnya berhubungan dengan TI (teknologi informasi) dan R&D (riset dan pengembangan). Sementara profesi di bidang non-teknis, misalnya berhubungan dengan marketing, sales, dan desain.

 

Menurut data yang dirangkum oleh Jobplanet, rata-rata gaji staf teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, berada di kisaran Rp4,1 juta–Rp7,6 juta. Sementara rata-rata gaji staf non-teknis di perusahaan telekomunikasi, mulai dari yang terendah hingga tertinggi, berada di kisaran Rp3 juta–Rp8,2 juta. Sementara itu, rata-rata gaji manajer teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp10,3 juta–Rp 20,75 juta, dan rata-rata gaji manajer non-teknis di perusahaan telekomunikasi berada di kisaran Rp9,75 juta–Rp22,6 juta.

 

Sebagai gambaran, Jobplanet mengambil contoh gaji rata-rata staf TI di tiga perusahaan operator terbesar di Tanah Air, yakni Telkomsel, XL, dan Indosat. Rata-rata gaji staf TI di Telkomsel adalah Rp4,7 juta. Sementara rata-rata gaji staf TI di XL Rp5,1 juta dan di Indosat Rp4,1 juta.

 

Di bidang non-teknis, Jobplanet mengambil contoh gaji rata-rata staf Marketing di tiga perusahaan yang sama. Rata-rata gaji staf Marketing di Telkomsel adalah Rp4 juta, sedangkan rata-rata gaji staf Marketing di XL adalah Rp5 juta dan di Indosat Rp4 juta.

 

Analisis tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan

Dari kesepuluh perusahaan telekomunikasi yang memiliki konten terbanyak di website Jobplanet, Telkomsel menempati posisi teratas dengan tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan yang tertinggi, yakni sebesar 3,9. Menyusul di belakangnya adalah Ericsson (3,8), Telkom (3,7), XL (3,6), dan Biznet (3,5) di posisi lima teratas.

 

Sementara itu, Indosat mendapatkan rating kepuasan gaji dan tunjangan sebesar 3,3; diikuti oleh Smartfren, Huawei, dan Telkom Sigma yang sama-sama mendapatkan rating 3,2; serta Telkom Akses dengan rating 3,1.

 

Sebagai informasi, hingga akhir Januari 2016, total perusahaan telekomunikasi yang terdaftar dalam website Jobplanet telah berjumlah 280, meliputi perusahaan operator, penyedia perangkat jaringan, serta penyedia layanan infrastruktur dan jaringan internet. Berdasarkan analisis Jobplanet, dari seluruh perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di website Jobplanet tersebut, rata-rata tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan mereka adalah sebesar 3,3 dari rating tertinggi 5,0 yang mewakili penilaian “sangat puas”.

 

Jika dibandingkan dengan rata-rata tingkat kepuasan karyawan dari seluruh perusahaan telekomunikasi yang terdapat di website Jobplanet hingga akhir Januari 2016, maka tingkat kepuasan karyawan Telkomsel, Ericsson, Telkom, XL, dan Biznet terhadap gaji dan tunjangan mereka berada di atas rata-rata. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda terkait dengan tunjangan atau bonus yang diberikan kepada karyawannya, dan hal ini turut memengaruhi tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan mereka.

 

“Gaji dan tunjangan merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan atas kontribusi karyawan, yang juga sangat memengaruhi kinerja dan tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan. Meski begitu, gaji dan tunjangan hanyalah salah satu faktor yang menentukan tingkat kepuasan karyawan secara keseluruhan. Faktor-faktor lainnya yang turut menentukan adalah jenjang karier, work-life balance, budaya perusahaan, dan manajemen,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

 

“Sebagai platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, Jobplanet berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi para pencari kerja sekaligus perusahaan untuk mengukur kualitas serta tingkat kepuasan karyawan mereka,” tutup Kemas.