Published On: Fri, Apr 29th, 2016

Tingkatkan Kenyamanan Pelanggan, XL Perbesar Alokasi Penggunaan Spektrum 4G LTE

bts xl cirebonJakarta, 29 April 2016- PT XL Axiata Tbk (XL) tak pernah berhenti meningkatkan kualitas layanan demi kenyamanan pelanggan, termasuk pada internet cepat 4G LTE. Meski kualitas internet 4G LTE secara rata-rata sudah lebih bagus dari teknologi generasi sebelumnya, XL memutuskan untuk meningkatkan lagi kualitasnya. Salah satu caranya dengan memperbesar alokasi penggunaan frekuensi dari semula 10MHz menjadi 15Mhz.  Proses ini sudah berjalan sejak 1 April 2016.

 

Direktur/Chief Services Management XL, Yessie D. Yosetya, mengatakan, “Langkah yang kami tempuh ini baru XL yang menerapkannya. Ini merupakan bagian dari roadmaps evolusi XL 4G LTE untuk menyediakan layanan 4G LTE yang superior di kota-kota yang kami nilai membutuhkan peningkatan kualitas segera. Selain itu, tentu saja kami ingin memanfaatkan spektrum 1800 MHz secara lebih efektif dan efisien”.

 

Yessie menambahkan, secara teknis, apa yang dilakukan XL dalam proyek ini adalah melakukan refarming frekuensi 1800 MHz dari 2G ke LTE, di mana sebelumnya menggunakan lebar pita 10 MHz menjadi 15 MHz untuk 4G LTE di BTS 4G Makro. Dengan tambahan lebar pita 4G LTE ini akan menambah kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pelanggan. Kecepatan maksimum di BTS level akan naik dari 75 Mbps menjadi 100 Mbps.

 

Pada tahap awal ini, penggunaan pita 15Mhz untuk internet 4G LTE ini baru dilakukan di 4 kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Pemilihan ke-4 kota tersebut berdasarkan pada kebutuhan di kota-kota tersebut. XL telah menyusun rencana pengembangan yang di dalamnya telah mempertimbangkan potensi dan kebutuhan pelanggan di kota-kota lainnya.

 

Langkah refarming ini juga memungkinkan untuk dilakukan karena antara lain kondisi di mana penetrasi penggunaan smartphone 4G yang tinggi, yang sekaligus mengurangi tingkat penggunaan spektrum 1800 MHz utk GSM. Karena itu sangat memungkinkan jika kemudian dilakukan refarming 15 MHz utk layanan LTE, tanpa mengurangi kualitas layanan untuk GSM.

 

Internet cepat 4G LTE dari XL sudah melayani pelanggan di 58 kota, yang didukung dengan lebih dari 3 ribu BTS 4G. Hingga akhir tahun 2016 nanti, XL mentargetkan setidaknya 85 kota/area akan terlayani layanan 4G LTE. Selain terus memperluas wilayah cakupan layanan 4G LTE, XL juga terus melakukan berbagai inisiatif untuk meningkatkan kualitas layanan dari sisi teknis.