Published On: Sun, Nov 2nd, 2014

Tony Fernandes Dinobatkan Sebagai ‘Brand Builder of the Year’ di Ajang World Branding Awards 2014

tony-fernandesLONDON, 30 Oktober 2014 – Tony Fernandes, CEO Grup AirAsia dinobatkan sebagai ‘Brand Builder of the Year’ atas prestasinya dalam membangun sebuah merek (brand) maskapai penerbangan berbiaya hemat. Penghargaan tersebut diberikan melalui ajang World Branding Awards 2014 yang berlangsung di One Whitehall Place, London pada 28 Oktober yang lalu.

AirAsia juga dinobatkan sebagai “Brand of the Year” untuk kategori maskapai. Adapun AirAsia adalah pemenang regional satu-satunya yang memperoleh angka tertinggi untuk sebuah maskapai penerbangan berbiaya hemat di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand.

Sebanyak 68 brand dari 25 negara memperoleh penghargaan bergengsi yang di selenggarakan di One Whitehall Place di London. Brand Global yang menerima penghargaan antara lain Apple, Coca-Cola, Del Monte, Heinz, HSBC, Louis Vuitton, McDonald’s, Samsung, Sony PlayStation dan VISA.

Tony Fernandes, CEO Grup AirAsia mengatakan, “Kami merasa terhormat menerima penghargaan bergengsi ini dan saya mengucapkan terima kasih kepada ajang World Branding Awards atas pengakuan yang luar biasa. Branding telah mendapat sebuah tempat khusus di hati saya, dan kami sungguh bangga atas pencapaian ini selama lebih dari 12 tahun kami beroperasi.”

“Kekuatan brand AirAsia yang dicapai saat ini tidak lepas dari kontribusi setiap karyawan kami yang telah bekeja keras dan memiliki sikap ‘pasti bisa’. Penghargaan ini sepenuhnya saya dedikasikan kepada setiap individu yang telah berhasil membawa diri mereka sebagai bagian dari brand AirAsia dan menunjukkan kepada dunia bagaimana kami membangun maskapai ini melalui inovasi yang berkelanjutan. Inovasi merupakan kunci yang meningkatkan brand AirAsia dan membedakan kami dengan maskapai lainnya,” tambah Tony.

Sedangkan, Richard Rowles, Ketua World Branding Forum mengatakan, “Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun sebuah brand yang kuat dan pantas mendapatkan pengakuan khusus melalui penghargaan ini. Kerja keras yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pemenang tersebut telah menginpirasi mereka yang bekerja di industri branding terlebih bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan cukup erat dengan konsumen. Selain dari pengukuran nilai brand, hasil perolehan suara (vote) yang diberikan oleh pelanggan secara langsung telah membuktikan hubungan yang cukup erat antara brand pemenang dengan khalayak luas.”

Di bawah kepemimpinan Tony, AirAsia telah berkembang menjadi sebuah brand yang inovatif dan mendunia melalui revolusi penawaran harga hemat dengan produk premium dan pelayanan yang berkualitas. Melalui arahan, kreatifitas, dan semangatnya dalam mengupayakan liberalisasi penerbangan di Asia Tenggara, telah membuka peluang pasar yang cukup besar bagi AirAsia sebagai penerbangan berbiaya hemat yang telah dinikmati oleh juataan travelers. Hal ini juga berdampak terhadap pertumbuhan bisnis pariwisata di berbagai negara dalam waktu yang cukup singkat.

Kegigihan AirAsia dalam menggebrak norma perjalanan udara dan inovasi berkelanjutan telah membuat maskapai ini menjadi sebuah brand yang signifikan dalam konteks perjalanan berbiaya hemat.

Setelah mengambil alih maskapai yang nyaris bangkrut di tahun 2001, Tony dan tim manajemennya berhasil mengembangkan bisnis maskapai yang hingga kini telah berhasil menerbangkan lebih dari 250 juta penumpang. AirAsia berkembang pesat dari hanya mengoperasikan 2 pesawat, 1 destinasi dan 250 karyawan, Grup AirAsia kini telah mengoperasikan lebih dari 170 pesawat dan 90 destinasi.

Ajang World Branding Awards 2014 diselenggarakan oleh World Branding Forum, sebuah organisasi non-profit yang memproduksi, mengelola dan mendukung beragam program yang mencakup penelitian, pengembangan, pendidikan, pengakuan, jaringan dan jangkauan. Selain itu, organisasi ini juga terlibat dalam penelitian dan pengembangan, penerapan standar, pedoman praktik dan metode terbaik, serta inisiasi lainnya yang terkait dengan branding.

Ajang ini telah memberikan penghargaan kepada berbagai brand nasional dan internasional terbaik terhadap hasil kerja dan pencapaian. Uniknya, perusahaan-perusahaan pemenang penghargaan tersebut dinilai melalui empat pilar penilaian seperti: pengukuran nilai brand, riset pasar konsumen, survey publik yang dilakukan secara online, serta pemungutan suara dari Dewan Penasehat World Branding Forum yang terdiri atas tokoh-tokoh berpengaruh dari industri branding.

 

***SELESAI***

 

Tentang Grup AirAsia

AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya hemat terkemuka di Asia melayani penerbangan menuju 88 destinasi. Dalam kurun waktu 12 tahun, AirAsia telah menerbangkan lebih dari 230 Juta penumpang dan berkembang dari dua pesawat menjadi lebih dari 160 pesawat. AirAsia juga bangga menjadi maskapai penerbangan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) dengan basis operasi di Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, dan India yang melayani jaringan rute di seluruh negara Asean dan juga Cina, India, serta Australia. AirAsia telah meraih gelar sebagai World’s Best Low Cost Airline berdasarkan survei yang diadakan oleh SkyTrax selama enam tahun berturut-turut, yaitu mulai tahun 2009 hingga 2014.