Published On: Tue, May 3rd, 2016

Toyota dan Kompas Gramedia Berbagi untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia

tb-csr

Toyota Donasikan Bahan Bacaan Ke-400 Sekolah di 34 Provinsi Selama 1 Tahun Mendatang Guna Tingkatkan Pengetahuan Siswa dan Guru Sekolah Menengah Atas

Jakarta,3 Mei 216- Sebagai bagian dari semangat Toyota Berbagi, Toyota-Astra Motor mendonasikan total 375.260 eksemplar bahan bacaan ke-400 sekolah di 34 provinsi di seluruh Indonesia, yang didistribusikan dalam kurun 1 tahun ke depan.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari rangkaian program donasi Toyota Motor Oil (TMO) Lubricants, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para guru dan siswa sekolah menengah atas, khususnya pengetahuan di bidang lingkungan dan teknologi otomotif.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan bahwa TMO Lubricants merupakan produk lokal dengan teknologi yang dapat memenuhi spesifikasi dan diakui oleh Toyota Motor Corp Japan.

Sebagai bagian dari peringatan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun lalu, TMO Lubricants sebagai salah satu bagian bisnis Toyota, melakukan kegiatan donasi, di mana dananya diambil dari sebagian keuntungan penjualan.

Donasi TMO Lubricants ini sendiri didistribusikan untuk membantu peningkatan pendidikan di tanah air, khususnya untuk meningkatkan pengetahuan generasi penerus bangsa supaya dapat menjadi anak-anak cerdas dan menghasilkan karya-karya yang luar biasa yang dapat membanggakan bangsa.

Dana yang berhasil dikumpulkan selama periode Agustus—September 2015, disisihkan dan didonasikan untuk pengembangan pendidikan di Indonesia. TMO Lubricants merupakan satu-satunya oli resmi ATPM yang memakai supplier lokal, Pertamina.

TMO Lubricant adalah pelumas mesin yang diproduksi sesuai dengan kemajuan teknologi engine kendaraan bermotor seperti Toyota. Hadirnya TMO Lubricants membuktikan komitmen Toyota dalam peningkatan inovasi dan teknologi untuk menghadirkan produk dan layanan terbaik bagi pelanggannya.

Pada tahap awal yang dilaksanakan di bulan Februari 2016, TAM dan Kompas Gramedia Group sebagai media partner, telah mulai mendistribusikan surat kabar harian Kompas ke-340 sekolah di 34 provinsi di tanah air. Pendistribusian ini dilakukan selama 1 tahun ke depan.

“Dengan semangat Toyota Berbagi, kami memperluas kegiatan donasi dengan lebih fokus ke sekolah menengah dan memberikan bantuan berlangganan majalah selama 1 tahun yang bertema lingkungan dan teknologi bagi SMA, serta majalah bertema teknologi dan otomotif bagi SMK,” ujar Henry, dalam kunjungan ke Kompas Gramedia Group, hari ini.

Ke-400 sekolah yang terdiri dari 200 SMA dan 200 SMK tersebut, akan mendapatkan bantuan berupa langganan majalah National Geographic Indonesia yang didistribusikan ke SMA dan majalah Car & Tuning Guide yang didistribusikan ke SMK.

Selama 1 tahun ke depan, masing-masing sekolah akan mendapatkan dua eksemplar majalah, di mana satu majalah akan ditempatkan di ruang guru dan satu majalah lainnya ditempatkan di ruang perpustakaan.

“Kami berharap dengan adanya bantuan pendidikan berupa langganan majalah ini, para siswa dan guru mendapatkan akses informasi terkini, sehingga mereka akan lebih update mengenai perkembangan di bidang lingkungan maupun teknologi dan otomotif, dan menambah pengetahuan mereka guna makin mendukung proses belajar-mengajar di sekolahnya masing-masing,” ucap Henry.

Selain itu, sambung Henry, bantuan ini juga sebagai bagian dari upaya merangsang menghidupkan perpustakaan sekolah sebagai salah satu sarana untuk makin menumbuhkan minat baca para siswa.

Lebih lanjut, Henry mengatakan bahwa di masa depan pihaknya akan selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas kegiatan program CSR seiring dengan semangat Toyota Let’s Go Beyond.

Sama seperti pengembangan produk, teknologi dan layanan aftersales, TAM akan selalu berupaya meningkatkan kualitas kegiatan CSR, di mana setiap kegiatan CSR yang dilakukan diharapkan dapat memberi manfaat sosial yang melebihi harapan masyarakat.

Tidak hanya itu, mulai Juni 2016 ini, TAM melanjutkan kerja sama dengan tim majalah National Geographic Indonesia dan Car & Tuning Guide akan mendistribusikan LKS (Lembar Kerja Siswa). Sebagai bentuk Evaluasi kepada para siswa dan memancing para siswa mempelajari bahan bacaan tersebut,

Selama berkiprah 45 tahun di industri otomotif Indonesia, Toyota tidak hanya berkomitmen terhadap upaya pertumbuhan bisnis yang baik dan sehat, namun juga memiliki kepedulian yang tinggi sebagai bentuk kontribusi terhadap perbaikan masyarakat dan lingkungan.

Sebagian keuntungan Toyota, dialihkan untuk kegiatan CSR membangun masyarakat yang cerdas, melalui berbagai CSR di bidang pendidikan seperti Toyota Technical Education Program (T-TEP), Toyota Bercerita, serta donasi sarana dan prasarana sekolah seperti mesin kendaraan untuk praktik pendidikan.

Selain itu, juga terdapat Yayasan Toyota dan Astra yang sudah berkiprah sejak 1974 di Indonesia yang berfokus pada pendidikan khususnya membantu siswa kurang mampu melalui beasiswa di berbagai level pendidikan.

Tidak hanya di bidang pendidikan, Toyota juga aktif dalam kegiatan CSR di bidang lingkungan bagi para siswa SMA dan sederajat. Salah satunya melalui Toyota Eco Youth yang merupakan bentuk edukasi ke sekolah-sekolah dan menstimulasi mereka untuk melakukan inovasi di bidang lingkungan.

 

 

– See more at: http://www.toyota.astra.co.id/pressroom/siaran-pers/detail/toyota-berbagi-untuk-kemajuan-pendidikan-indonesia/#sthash.4sW2j0Pr.dpuf