Published On: Wed, Jun 1st, 2016

Website Sukarnopedia.org Diluncurkan 

web_sukarnopedia

laman web Sukarnopedia.org

Jakarta, 1 Juni 2016 –  Hingga kini belum ada situs khusus yang menguliti sepak terjang, ide, gagasan dan torehan prestasi cemerlang Bung Karno. Padahal sebagai proklamator dan Presiden Republik Indonesia pertama sosok Sukarno tentu amat penting dan istimewa dalam lintasan sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Sukarno atau Bung Karno adalah tokoh legendaris bagi bangsa Indonesia. Sukarno adalah tokoh yang mampu melampaui kebesaran partai dan parlemen bahkan berdiri sejalan dengan semangat zaman (zeit geist). Idenya yang cemerlang dan futuristik  sampai kini masih bisa diterapkan bagi bangsa Indonesia.
Namun sayang ide-ide besar yang dicetuskan Bung Karno belum banyak diulas secara dalam dan komprehensif. Hal yang lebih menyedihkan adalah generasi muda di tanah air memiliki keterbatasan pemahaman dalam memahami sosok Bung Karno. Tentu saja hal tersebut begitu menyedihkan.
Berkaca dari rentetan problematika itulah website www.sukarnopedia.org diluncurkan. Kehadiran situs ini adalah sebagai wadah untuk memahami Bung Karno dari A sampai Z. Website ini juga didedikasikan sebagai syiar untuk menggaungkan segala hal dan pernak-pernik soal Bung Karno.
Konsepnya, barangkali bisa kita lihat wikipedia atau wikimedia, hanya beda konten. Laiknya wikipedia, maka web ini akan hidup dan tetap hidup dengan kontribusi dan donasi masyarakat pecinta Sukarno sekaligus pendukung gagasan ini. Kontribusi dan donasi berbentuk dana segar, akan dikelola oleh yayasan yang bersifat nirlaba. Sedangkan kontribusi dan donasi bersifat informasi/pengetahuan, bisa dilakukan dengan cara melengkapi atau menambahkan materi/isi pada setiap tulisan yang tersaji di sukarnopedia.
Website www.sukarnopedia.org akan diluncurkan bersamaan dengan launcing Yayasan Aku dan Sukarno pada Rabu 1 Juni 2016 bertempat di Gedung Joang, Jakarta. Acara peresmian juga akan diisi dengan seminar nasional yang dihadiri pembicara kompeten. Sebut saja Dr. Suparjo pakar hukum agraria Universitas Indonesia, kemudian Iman Brotoseno sineas terkemuka dan sebagainya.
Demikianlah situs www.sukarnopedia.org semata-mata dibuat untuk syiar ajaran Bung Karno.
——————–