Published On: Fri, Jan 15th, 2016

Western Union Berkomitmen Berdayaan TKI dan Keluarganya

weJakarta, 14 Januari 2016 – Hari ini PT Western Union Indonesia (Western Union) merayakan hari jadi layanan Western Union® yang ke-20 di Indonesia. Selaras dengan fokus perusahaan yang konsisten dalam membawa perubahan untuk kebaikan bagi masyarakat Indonesia, kini Western Union memiliki lebih dari 21 Agen lokal di lebih dari 20.000 lokasi agen yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Patricia Riingen, Senior Vice President Western Union untuk Asia Tenggara dan Oceania mengatakan, “Ketika banyak munculnya teknologi baru dan terbentuknya beragam inovasi dalam pengembangan produk, maka keragaman bisnis menjadi sesuatu yang penting. Untuk dapat bergerak maju dalam lanskap remitensi yang kompetitif, strategi omni-channel Western Union akan menggabungkan kehadiran fungsi digital dengan jaringan agen ritel yang ada di lebih dari 200 negara dan wilayah.”

Tahun lalu, Western Union meluncurkan WU Connect yang terkoneksi dengan platform digital pihak ketiga, memperluas aksesabilitas bagi pelanggan dalam melakukan pengiriman uang secara global. Selain layanan pengiriman uang tunai internasional, saat ini Western Union terus memperluas kemampuan digitalnya melalui kemitraan yang menggairahkan dengan WeChat. Selama ini WeChat dikenal sebagai aplikasi pertama yang menyediakan platform teknologi untuk mendukung pengiriman uang person-to-person lintas wilayah.

 

Membawa Perubahan Untuk Kebaikan – Memberdayakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

Indonesia merupakan salah satu negara penerima remitensi terbesar di dunia. Dalam hal tersebut, TKI merupakan penyumbang utama dalam hal pengiriman uang masuk ke negara dan membantu pertumbuhan perekonomian nasional. Pada 2015, hasil remitansi dari TKI mencapai US$8,6 juta berdasarkan data terakhir yang dirilis Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

“Western Union memahami peran penting dari para TKI dalam menyokong kesejahteraan keluarga dan kontribusi pada perekonomian nasional,” jelas Patricia Riingen. “Untuk memastikan keberhasilan dari pertumbuhan ini, Indonesia membutuhkan penyedia layanan yang tepercaya dengan jaringan yang dapat diandalkan, Western Union, yang terdepan dalam jasa pembayaran transfer uang tunai, memiliki kemampuan untuk mempertahankan komitmennya dalam membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia, dengan membantu TKI beserta keluarganya dalam memperbaiki taraf hidupnya.”

Vijay Raj Poduval, Country Director Western Union Indonesia menambahkan, “Selama 20 tahun memberikan layanan di Indonesia, Western Union berkomitmen untuk berkontribusi pada pemberdayaan TKI seiring dengan perkembangan kebutuhan pelanggan dan arahan regulasi. Kami telah berkomitmen untuk memfasilitasi pemberdayaan TKI dan keluarganya. Kami akan terus melakukan upaya advokasi terkait membangkitkan kesadaran tentang pentingnya peningkatan
wawasan dan kemampuan TKI dan mendorong kesejahteraan mereka sebagai salah satu fokus bisnis. Kami di sini untuk membawa perubahan untuk kebaikan.”

“Western Union berupaya untuk menjadi bagian dari perubahan ini. Dengan TKI sebagai bagian dari basis utama pelanggan kami, Western Union berada pada posisi untuk membawa perubahan untuk kebaikan. Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-20, Western Union menyediakan layanan di Indonesia, kami sepenuhnya mendukung program pemerintah untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi kehidupan para TKI,” ujar Patricia Riingen di akhir pernyataannya.