Published On: Mon, Aug 24th, 2015

WISE Tips: Perlukah Merayakan Ulang Tahun Anak Secara Besar-besaran?

Share This
Tags

Kids-Birthday-PartyMemiliki dan membesarkan anak tentunya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi para orang tua. Salah satu bentuk rasa syukur disalurkan dengan merayakan ulang tahun anaknya dengan mewah dan meriah. Namun dengan kondisi ekonomi dan tuntutan kebutuhan yang semakin tinggi, perlukah Anda merayakan ulang tahun anak dengan mewah dan biaya yang besar?

Bagi sebagian orang tua menganggap usia satu tahun adalah fase yang sangat penting. Alhasil, sering kali pesta ulang tahun diselenggarakan bukan atas kemauan sang anak, melainkan keinginan orang tua dan kakek-neneknya.

Tentang hal ini Rian Kaslan, EVP, Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank dan selaku penggiat gerakan literasi keuangan perempuan Indonesia, WISE (Women Investment Series), berpendapat “Tidak ada salahnya merayakan ulang tahun bagi anak di usia dini, keputusan untuk merayakan ulang tahun ini memang sepenuhnya terserah pada kita sebagai orang tua” tambahnya, “tetapi sebaiknya keputusan didasari pertimbangan yang bijak dan menyeluruh terhadap kebutuhan dan kondisi keluarga.”

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi Anda pertimbangan dalam pengambilan keputusan:

 

  1. Tanamkan Interaksi yang Positif

Perayaan ulang tahun yang besar dan mewah tidak akan meninggalkan kesan dan pelajaran yang berarti bagi sang anak di masa depan, kecuali foto atau video kenangan perayaan ulang tahunnya. Perlu diperhatikan bahwa perayaan ulang tahun hanyalah momen pelengkap.

Rian Kaslan berpesan, “Sudah menjadi tugas orang tua untuk membangun interaksi yang positif sejak anak usia dini, dan hal ini dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan yang melibatkan orang tua dan si anak, tidak melulu dalam bentuk pesta besar-besaran.” Artinya, hal yang sebenarnya paling penting bagi anak adalah bagaimana interaksi antara anak dan orang tua terjalin, termasuk apakah anak disayangi, diperhatikan, dan memperoleh dukungan yang cukup.

 

  1. Sesuaikan dengan Usia Anak

Jika Anda merasa merayakan ulang tahun anak merupakan momen penting yang tidak boleh terlewatkan maka sebaiknya perayaan disesuaikan dengan usia si anak. Jika anak Anda masih berusia di bawah empat tahun, pertimbangkan untuk membuat pesta kecil-kecilan saja yang hanya mengundang keluarga dan teman dekat.

Sang anak umumnya baru akan bisa mengingat dan memahami makna dari pesta ulang tahunnya ketika masuk pre-school dan memiliki teman-teman di sekolah. “Ketika anak masih berusia dini, uang untuk merayakan pesta justru bisa dialokasikan untuk keperluan lain, seperti biaya pendidikan atau pesta ulang tahun anak di usia yang tepat.” ujar Rian Kaslan.

  1. Pengaruh Lingkungan

Pendapat dan pengaruh dari lingkungan sekitar kerap memengaruhi pilihan dan keputusan kita. Untuk itu, jangan cepat terpancing dan cepat mengambil keputusan ketika melihat teman atau saudara yang mengadakan pesta ulang tahun anaknya secara besar-besaran. Tak ada salahnya Anda berpikir ulang sebelum memutuskan mengadakan pesta ulang tahun besar-besaran untuk si buah hati. Anda memerlukan waktu untuk berpikir apakah sebuah pesta perayaan memang diperlukan, dan ada baiknya juga Anda mendiskusikan hal ini bersama pasangan terlebih dahulu.

###

 

Tentang Commonwealth Bank Indonesia

Commonwealth Bank (PT Bank Commonwealth) adalah anak perusahaan Commonwealth Bank of Australia (CBA) di Indonesia, sebuah institusi keuangan publik  terbesar di Australia yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1997. Dengan lebih dari 2.400 tenaga profesional di bidang perbankan, Commonwealth Bank Indonesia saat ini melayani nasabah melalui 91 kantor cabang di 32 kota di seluruh Indonesia, termasuk Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, dan Sulawesi.

Commonwealth Bank Indonesia menawarkan beragam produk perbankan yang menarik, seperti tabungan, deposito, rangkaian produk investasi dan bancassurance, kredit modal kerja bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) dan korporasi, Safe Deposit Box (SDB), Call Centre 24 jam, serta Internet Banking bagi korporasi maupun individu dengan fitur khusus yang menawarkan keleluasaan bagi nasabah untuk menentukan tanggal transaksi, fitur standing order, dan pembelian reksa dana dengan diskon khusus.

Kartu ATM Commonwealth Bank Indonesia telah dilengkapi dengan fitur pembayaran tagihan dan pembelian serta akses ke jaringan Prima/BCA dan ATM Bersama yang menawarkan fleksibilitas, akses dan kenyamanan lebih bagi nasabah. Nasabah Commonwealth Bank Indonesia kini dapat menikmati kenyamanan berbelanja di lebih dari 250.000 merchant melalui  jaringan Prima/BCA dan Maestro serta bebas biaya transaksi di lebih dari 70.000 jaringan ATM Commonwealth Bank, ATM Bersama, dan ATM Prima/BCA di Indonesia.

Commonwealth Bank Indonesia juga menawarkan aplikasi Mobile Banking dengan terobosan teknologi, fitur investasi serta fitur keamanan untuk memberikan keleluasaan serta kendali nasabah terhadap transaksi keuangan kapan pun di mana pun.  Aplikasi Mobile Banking ini memiliki fitur-fitur seperti transfer dana, fitur jual beli mata uang asing dengan rate khusus, juga membeli dan memonitor pertumbuhan reksa dana melalui perangkat smartphone. Mobile banking Commonwealth Bank Indonesia telah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai aplikasi Mobile Banking pertama dengan fitur investasi.

Kunjungi www.commbank.co.id untuk informasi lebih lanjut mengenai Commonwealth Bank.

 

Tentang Women Investment Series (WISE)

Gerakan WISE pertama kali diluncurkan pada 2014, merupakan gerakan edukasi literasi keuangan dari perempuan dan untuk perempuan yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemahaman perempuan Indonesia tentang pengelolaan keuangan dan produk keuangan. Melalui komunitas WISE, para perempuan Indonesia dapat saling bertukar pendapat dan pengetahuan di berbagai hal termasuk bisnis, keuangan, keluarga, dan masalah pribadi. Sampai saat ini, gerakan WISE telah melakukan langkah-langkah proaktif untuk memfasilitasi kebutuhan perempuan Indonesia, terutama yang dapat membantu mereka mengelola keuangan pribadi dan memberikan akses luas ke informasi yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.  WISE melakukan berbagai pendekatan melalui beragam saluran komunikasi, seperti terlibat atau mengadakan kegiatan sosialisasi melalui seminar atau talk show, atau melalui artikel informatif seputar pengelolaan keuangan.

Melalui dukungannya terhadap gerakan WISE dan aplikasi seluler WISE, Commonwealth Bank Indonesia menyediakan ruang informasi terpercaya mengenai pengelolaan keuangan yang terintegrasi dan mudah diakses oleh para penggunanya. WISE menggabungkan berbagai aspek termasuk pendidikan, pembangunan komunitas wawasan dari para ahli maupun dukungan dari pengguna-pengguna lainnya.

Program WISE didukung oleh institusi keuangan terkemuka seperti Commonwealth Bank Indonesia, First State Investment Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI).