Published On: Wed, May 18th, 2016

XL Axiata dan Cisco Meluncurkan Jaringan 4G LTE Pertama dengan Virtualized Packet Core

xl ciscoJakarta, Indonesia – 18 Mei, 2016 – XL Axiata bekerja sama dengan raksasa jaringan, Cisco, meluncurkan jaringan 4G LTE dengan Packet Core tervirtualisasi atau Virtualized Packet Core pertama di Indonesia. Dengan kecepatan mencapai 100 Mbps, ini akan menjadi jaringan 4G LTE tercepat di Indonesia dan memberi layanan yang lebih baik kepada para pelanggan.

 

XL Axiata melihat betapa pesatnya perkembangan mobile data dengan lebih dari 22 juta pelanggan, atau lebih dari 50% dari pelanggan yang ada saat ini. Kehadiran jaringan 4G LTE ini akan meningkatkan angka tersebut.

 

Peluncuran ini juga akan membantu pemerintah dalam membangun mobile broadband yang dapat di akses di seluruh wilayah perkotaan dan 50% daerah pedesaan pada akhir dekade dengan menyediakan kapasitas yang dibutuhkan untuk Indonesia yang diprediksi akan mengalami pertumbuhan trafik mobile data hingga 12 kali lipat pada tahun 2020.

 

Untuk mendukung lonjakan trafik mobile data ini, XL Axiata bekerja sama dengan Cisco, satu-satunya perusahaan di Indonesia yang dapat menawarkan solusi packet core dengan Network Functions Virtualization (NFV).

 

Sebagai penyedia layanan solusi virtual pertama, teknologi Cisco memberikan kemampuan pada jaringan untuk menangani pertumbuhan trafik data dalam jumlah besar dengan cepat. Solusi berbasis software ini memungkinkan XL Axiata mengatur dan memperkenalkan layanan dengan hanya satu tombol, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menerapkan aplikasi baru ini dengan cepat tanpa hitungan minggu maupun hari.

 

Implementasi teknologi dari Cisco ini telah berhasil sehingga NFV menjadi persyaratan untuk berbagai jenis solusi packet core untuk XL Axiata.

 

Virtualized Packet Core adalah salah satu contoh bagaimana Cisco telah mengembangkan filosofi, pendekatan, dan peningkatan hardware tradisionalnya dengan solusi yang bersifat software-driven.