Published On: Thu, Jul 9th, 2015

XL IoT Perkenalkan Layanan “Multi Carrier VPN Access”

Share This
Tags

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jakarta, 9 Juli 2015. PT XL Axiata Tbk (XL) terus mengembangkan layanan dalam bisnis Internet of Things (IoT) guna menjawab kebutuhan pelanggan korporasi atas solusi komunikasi yang mumpuni. Pengembangan layanan tersebut termasuk mencakup sisi perangkat pendukung, jaringan komunikasi, dan sistem aplikasi. Sebagai hasilnya, XL meluncurkan layanan Multi Carrier VPN Access (MCA) yang berguna untuk memfasilitasi komunikasi private network bagi sektor bisnis retail, perbankan, maupun lembaga finansial.

Chief Digital Service Officer XL, Yessie D Yosetya, mengatakan, “Layanan ini menunjukkan komitmen XL untuk menjadi yang terdepan di bisnis Internet of Things. Kebutuhan korporat yang unik dan harus tersedia cepat memacu kami untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Melalui komunikasi yang baik, kami bisa memahami kebutuhan pelanggan saat ini. Hal inilah yang menjadikan XL sebagai penyedia end-to-end service di bisnis IoT.”

Yessy menambahkan, layanan baru ini menawarkan kualitas yang setara dengan layanan yang diberikan melalui leased line, namun  harganya jauh lebih murah. Kemudahan ini dapat diperoleh karena MCA menggunakan 2 jaringan berbasis 3G atau 4G yang dilengkapi dengan perangkat komunikasi yang menjamin performansi layanan. Peluncuran inovasi ini menandai era baru pelayanan pelanggan korporasi di bisnis IoT Indonesia dan menjadikan XL sebagai penyedia Service Beyond Connectivity untuk kebutuhan pelanggan korporat di Indonesia.

Layanan ini telah diuji coba bersama-sama dengan pelanggan, salah satunya adalah pelanggan perbankan yang menggunakan untuk pengujian fasilitas Mobile Branch dan perangkat ATM di Jabotabek maupun luar wilayah itu. Hasil yang diperoleh dari lapangan sangat baik, di mana terjadi peningkatan dalam pelayanan transaksi di banyak aspek. Aspek-aspek itu antara lain tercapainya efisiensi waktu pelayanan transaksi, jaminan layanan pendukung dan maintenance, serta kemudahan analisa pengecekan layanan melalui fungsi monitoring.

Lingkup sistem MCA terdiri dari perangkat komunikasi yang dilengkapi dengan Dual System jaringan, serta Monitoring Tools berbasis web. Aplikasi monitoring ini digunakan untuk mengatur dan memonitor perangkat pendukung yang telah digunakan oleh pelanggan. Melalui aplikasi ini pelanggan dapat dengan leluasa memantau status perangkat pendukung baik secara online maupun offline. Selain itu pelanggan dapat mengetahui informasi lokasi perangkat beserta dengan trafik data penggunaan secara akurat.

MCA juga dibangun di atas layanan infrastruktur yang kehandalan dan keamanannya terjamin. Dengan menggunakan sistem redundan dan konsep failover, layanan ini memungkinkan pergantian sistem dapat lebih lancar dan system availability terjamin.

Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan korporat hanya diwajibkan untuk membayar biaya bulanan dan tanpa investasi apapun. Dari biaya tersebut pelanggan korporat akan mendapatkan fasilitas data sebesar 2GB setiap bulannya, biaya instalasi, dan garansi modem router selama 1 tahun.

 

Tentang XL

XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).