Published On: Mon, Jul 6th, 2015

XL Luncurkan Layanan 4G LTE di Lombok

Share This
Tags

 

XL 4G_MataramJakarta, 6 Juli 2015. PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan komersialisasi layanan 4G LTE di Mataram, Lombok. Ini adalah peluncuran layanan 4G LTE pertama oleh XL di frekuensi 1800 MHz yang hari ini, 6 Juli 2015, secara resmi lisensinya dikeluarkan oleh pemerintah secara serentak untuk 5 operator, yaitu XL, Indosat, Telkomsel, Tri dan Smartfren. Gubernur NTB, Dr. TGH. M Zainul Majdi dan Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan meluncurkan beroperasinya layanan internet super cepat ini di Ibu Kota Nusa Tenggara Barat, wilayah dengan pangsa pasar XL terbesar dari semua operator. Dirjen SDPPI, DR. Muhammad Budi Setiawan, M.Eng  turut menyaksikan penandatanganan ini.

Ongki Kurniawan mengatakan, “XL memiliki hubungan yang spesial dengan masyarakat Lombok dan NTB pada umumnya. Sejak awal masuk wilayah ini, kami seperti berjodoh. Masyarakat menerima dan memberikan kepercayaan kepada XL untuk kebutuhan telekomunikasi, dan kini terus berkembang ke layanan data dan internet. Pangsa lebih dari 85% menunjukkan suatu kehormatan bagi XL untuk bisa hadir di sini. Untuk itulah, sebagai apresiasi XL kepada masyarakat NTB, kami mempersembahkan layanan 4G LTE yang pertama di frekuensi 1800 MHz di Ibu Kota NTB.”

Saat ini XL telah memiliki 14 BTS 4G untuk meng-cover sejumlah area di Ibu Kota NTB tersebut. Beberapa pusat kegiatan pemerintahan, bisnis dan aktivitas warga, juga pusat-pusat keramaian, masuk dalam area tersebut. Beberapa di antaranya adalah pusat perbelanjaan Mataram Mall.

Ongki menambahkan, layanan 4G LTE di 1800 MHz, secara teknis mempunyai keunggulan khusus. Dengan frekuensi tersebut maka manfaat dari teknologi 4G LTE bisa secara maksimal diberikan kepada masyarakat Indonesia. Masyarakat dan pelanggan XL pun bisa secara mudah mengakses 4G LTE karena ekosistemnya lebih mudah dibangun, seperti antara lain ketersediaan handset smartphone dengan kemampuan akses 4G LTE berharga terjangkau. Beberapa merk yang telah bekerjasama dengan XL antara lain LG, Sony, Huawei, Sharp, Alcatel, dan Lenovo.

Layanan 4G LTE ini juga memungkinkan akses internet super cepat hingga 100 Mbps. Infrastruktur jaringannya lebih leluasa karena memang khusus untuk layanan 4G. Manfaat lain yang bisa diraih pelanggan XL adalah sejumlah aplikasi khusus multifungsi, di antaranya VoLTE (Voice over LTE), dan juga Rich Communication Suite over LTE (RCS). Aplikasi ini memiliki beragam fitur antara lain untuk menelpon, video call, chatting juga berbagi file dokumen dalam kapasitas besar. Aplikasi ini akan sangat mendukung produktivitas masyarakat, termasuk untuk urusan bisnis, karena akan bisa menawarkan kecepatan pengiriman dokumen dengan file berkapasitas besar, juga kualitas tinggi untuk video call dan multimedia.

Kemudahan lain yang diberikan oleh XL kepada masyarakat dan pelanggan yang hendak mendapatkan layanan 4G LTE adalah berupa gratis penukaran kartu SIM, aktiviasi langsung dan cepat, serta tersedianya layanan 4G roaming. XL juga menyelenggarakan program kemudahan lainnya antara lain menyediakan kartu SIM XL khusus 4G sebanyak 1 juta unit, juga program gratis pulsa.

Masyarakat Mataram, Lombok, akan menjadi yang pertama di Indonesia yang akan bisa menikmati semua keunggulan dan manfaat dari layanan 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial. Setelah Lombok, menyusul kemudian masyarakat di Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Jakarta akan menyusul kemudian di tahun ini juga untuk bisa menikmati manfaat internet super cepat. Selain itu, kota-kota yang sebelumnya telah ter-cover dengan layanan 4G LTE di frekuensi 900 MHz juga akan bisa ikut menikmati layanan di 1800 MHz, yaitu Medan, Bogor, dan Yogyakarta. Total BTS 4G XL di seluruh area layanan mencapai lebih dari 200 unit. Sementara itu, jumlah pelanggan 4G XL mencapai lebih dari 200 ribu pelanggan.

 

Apresiasi XL untuk masyarakat Lombok

Lombok dan NTB pada umumnya adalah wilayah yang memiliki arti khusus bagi XL Selain saat ini memiliki pangsa pasar terbesar di sana, XL juga pernah memiliki sejumlah layanan khusus yang berhasil merebut kepercayaan masyarakat Lombok. XL masuk ke Lombok pada 1998 dengan produk layanan yang pas dengan kebutuhan masyarakat setempat. Salah satunya adalah kartu “Jempol” yang begitu digemari di sana karena cocok untuk keluarga para tenaga kerja Indonesia di luar negeri (TKI) karena tarifnya murah dan terjangkau untuk menelpon ke luar negeri. Sejumlah daerah di NTB merupakan kantong asal pekerja migran yang terbesar di Indonesia.

Karena loyalitas pelanggan Lombok yang tinggi, XL pun tidak segan mendukung berbagai kegiatan  masyarakat. XL antara lain secara rutin mendukung pawai takbir menjelang Lebaran sejak tahun 2000 hingga sekarang. Program-program marketing XL pun disesuaikan dengan minat masyarakat, misalnya program isi ulang berhadiah kambing, program donasi sapi, dan sebagainya.

Saat ini di kepulauan yang spesial bagi XL tersebut, sedikitnya terdapat 1.200 BTS dan lebih dari 1,54 juta pelanggan. XL membuka 3 XL Center di Lombok, yaitu di daerah Pejanggik, Selong, dan Mataram Mall. Layanan XL juga meliputi daerah wisata yan tersebar di seluruh wilayah provinsi.

 

Tentang XL

XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).