Published On: Fri, Feb 26th, 2016

XL Percepat Penetrasi 4G LTE

Yessie D_Jakarta, 26 Februari 2016- PT XL Axiata Tbk (XL) mempercepat penetrasi layanan 4G LTE. Hingga akhir tahun 2016 nanti, XL mentargetkan layanan 4G LTE bisa menjangkau 85 kota, di Jawa dan luar Jawa. Langkah XL ini tidak terlepas dari benefit yang didapatkan perusahaan dari penggelaran layanan internet cepat sejauh yang kini telah didapatkan. Salah satunya adalah mampu meningkatkan jumlah pelanggan yang bernilai tinggi sesuai dengan segmen pelanggan yang dituju.

 

Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Keberadaan layanan internet cepat 4G LTE tidak bisa dibantah lagi telah berhasil meningkatkan revenue perusahaan, terutama melalui akuisisi pelanggan dari segmen hight value customer. Fakta ini membulatkan keputusan XL untuk segera mengembangkan layanan 4G LTE ke arah yang lebih berkualitas dan mampu menjangkau pelanggan serta masyarakat yang lebih luas lagi di tahun 2016 ini.”

 

Yessie menambahkan, secara teknis, keberadaan layanan 4G LTE terbukti telah mampu meningkatkan kualitas layanan internet XL. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan kinerja latency (delay) akses internet semenjak ada layanan 4G LTE, dari sebelumnya sekitar 130ms menjadi hanya 30ms. Demikian juga dari sisi kapasitas  kecepatan download, dari sebelumnya kecepatan rata-rata sekitar 1Mbps, menjadi 25Mbps setelah ada 4G LTE.

 

Layanan internet cepat 4G LTE juga telah terbukti mampu meningkatkan nilai persepsi pasar terhadap kualitas layanan data XL. Jika sebelumnya layanan data XL lebih dikenal karena tarif yang terjangkau, setelah adanya 4G LTE menjadi lebih dikenal karena kualitas layanannya.

 

XL sangat serius menyiapkan semua syarat untuk bisa meyakinkan pelanggan dan masyarakat. Dari capex atau belanja modal kurang dari Rp 7 triliun yang disiapkan untuk 2016 ini, mayoritas dialokasikan untuk mendukung bisnis layanan Data termasuk memuluskan rencana pengembangan 4G LTE.

 

Melanjutkan agenda transformasi yang telah diterapkan sejak tahun lalu, PT XL Axiata (XL) akan berfokus mengembangkan layanan 4G LTE di tahun 2016. Hal ini sejalan dengan salah satu target yaitu menciptakan peluang pertumbuhan bisnis baru (re-invent). Peluang-peluang baru tersebut akan berbasis pada teknologi digital, melalui pemanfaatan layanan internet cepat 4G LTE.

 

Layanan 4G XL saat ini didukung lebih dari 3 ribu BTS 4G yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Adapun kota yang telah tersedia layanan XL 4G LTE berjumlah  sekitar 35 kota, baik di Jawa dan luar Jawa.