Published On: Wed, Sep 9th, 2015

XL Perkenalkan Media Informasi “YuBox”

Share This
Tags
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jakarta, 9 September 2015, Sebagai operator pertama yang mengenalkan Internet of Thing (IoT) di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL) kembali mengenalkan layanan yang inovatif dan menawarkan solusi bermanfaat bagi kebutuhan pelanggan korporat. Kali ini XL IoT mengenalkan layanan bernama “YuBox”, yaitu solusi terintegrasi berupa layanan akses data yang bisa menjadi media yang menarik untuk menyebarkan berbagai informasi dinamis berupa advertising, konten aplikasi maupun media video atau musik.

Direktur/Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan mengatakan, “Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat menawarkan kesempatan yang sangat luas bagi kita untuk menemukan solusi-solusi untuk kebutuhan perorangan maupun korporasi. Di XL, kami tidak pernah berhenti mencari dan melahirkan solusi-solusi IoT untuk berbagai keperluan. Layanan baru “YuBox” adalah salah satu yang paling baru dan siap dimanfaatkan dunia usaha.”

Ongki menambahkan, melalui XL IoT tidak hanya menawarkan konektivitas, kami memberikan solusi platform, aplikasi, serta perangkat IoT yang dapat memudahkan pelanggan dalam mendapatkan solusi yang tepat bagi kebutuhannya. Sebelumnya, YuBox telah dikenalkan pada event Asia IoT Platform yang diadakan pada akhir Agustus lalu di Jakarta. Dari hasil pengujian dengan beberapa pelanggan korporat, YuBox dapat memberikan nilai tambah dalam pemberian service delivery ke pelanggan akhirnya, serta dapat menjadi revenue stream baru untuk pemasangan iklan dalam laman konten aplikasinya. Layanan ini disasar untuk pelanggan korporat dari segmen industri transportasi, retail, dan para pelaku bisnis yang memanfaatkan area layanan publik.

Layanan YuBox dioperasikan dengan memanfaatkan jaringan data XL dan platform aplikasi yang terhubung dengan perangkat WiFi Router. Saat pelanggan korporat mengaktifkan layanan YuBox di lokasi yang ditunjuk, pengguna ponsel dapat membuka halaman browser atau internet secara otomatis tanpa harus melakukan proses login. Tampilan halaman pemberitahuan (landing page), dan konten berita, promo dan hiburan lainnya dapat diakses secara online maupun offline (saat tidak terhubung ke layanan data).

Kalangan usaha yang berminat dengan layanan inovatif ini, bisa mengirimkan permintaan berlangganan maupun pengujian layanan melalui pesan di website http://simplenewway.com.  Selain menyediakan perangkat router WiFi, XL IoT juga menyediakan platform aplikasi konten, dan kartu pascabayar berikut dengan paket data internet. XL IoT memberikan layanan YuBox dengan cara kontrak berlangganan selama setahun, di mana setiap bulannya pelanggan dapat menikmati peralatan WiFi Router, konten aplikasi, dan paket data sesuai dengan kebutuhan, mulai dari 3GB hingga Unlimited.

Setelah XL IoT dikenalkan pada publik sejak April 2015 lalu, XL telah berhasil meluncurkan beberapa layanan IoT yang berbasis servis aplikasi. Mulai dari layanan “Enterprise” dengan 4 solusi supply chain, aplikasi SIMPLY yang dapat meminimalisir biaya operasional listrik, hingga layanan Multi Carrier VPN Access  yang menyediakan trafik data pelanggan secara akurat juga stabilitas konektivitas.

 

Tentang XL

XL adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Mulai beroperasi secara komersial sejak 8 Oktober 1996, XL saat ini adalah penyedia layanan seluler dengan jaringan yang luas dan berkualitas di seluruh Indonesia bagi pelanggan ritel (Consumer Solutions) dan solusi bagi pelanggan korporat (Business Solutions). XL satu-satunya operator yang memiliki jaringan serat optik yang luas. XL telah meluncurkan XL 3G pada 21 September 2006, layanan telekomunikasi selular berbasis 3G pertama yang tercepat dan terluas di Indonesia. XL dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad (“Axiata Group”) melalui Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (66,5%) dan publik (33,5%). Sebagai bagian dari Axiata Group bersama-sama dengan Robi (Bangladesh), Smart (Cambodia), Idea (India), Celcom (Malaysia), M1 (Singapore), SIM (Thailand) dan Dialog (Sri Lanka).