Published On: Mon, Sep 14th, 2015

ZTE Edukasi Pentingnya Pemanfaatan ICT di Bandung ICT Expo

Share This
Tags

 

ZTE Bandung ICT Expo14 September 2015, Bandung, Indonesia — ZTE Corporation (“ZTE”) (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), penyedia telekomunikasi, enterprise, dan solusi mobile terkemuka, berpartisipasi di acara Bandung ICT Expo 2015 yang berlokasi di Telkom University, Bandung, Indonesia pada tanggal 10-12 September 2015. Selama acara yang bertemakan “Strengthening Collaborative Innovation for Communities and Industry” berlangsung, ZTE memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai pentingnya pemanfaatan ICT kepada mahasiswa/i, komunitas, serta pelaku bisnis di Indonesia.

 

Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), negara-negara di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, perlu untuk meningkatkan daya saing dan produktivitasnya. Demi mencapai tujuan yang diharapkan, ICT adalah salah satu elemen penting yang dapat memberikan kontribusi terhadap produktivitas, daya saing, dan pertumbuhan di berbagai sektor strategis. Oleh karena itu, masyarakat dan pelaku bisnis di Indonesia diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam memanfaatkan ICT sebagai sebuah solusi. Memahami kondisi tersebut, ZTE menyediakan sosialisasi dan edukasi mengenai ICT kepada para peserta Bandung ICT Expo. Selama acara berlangsung, perusahaan ZTE menampilkan solusi ICT inovatif miliknya, antara lain IPTV, LTE, Pre-5G, Data Center, Trunking, Smart City, serta jajaran ponsel pintar hasil karya ZTE.

 

“Indonesia adalah negara yang besar dengan banyak provinsi dan pulau, serta demografi yang juga berskala besar. Merujuk pada kondisi tersebut, kami menyimpulkan bahwa tantangan utama bagi Indonesia adalah bagaimana cara mengembangkan infrastruktur dan meminimalisir perbedaan antara area perkotaan dengan pedesaan dari ujung barat hingga ujung timur. Dengan demikian, konektivitas adalah hal yang vital.” Ujar Mr. Yan Changzhi, Sales Director PT ZTE Indonesia.

 

Mr. Yan menjelaskan, dengan menggunakan solusi ICT ZTE untuk industri, yang lengkap dan end-to-end, ZTE dapat membantu untuk mengatasi tantangan yang berhubungan dengan pengembangan infrastruktur ICT di Indonesia, terutama untuk industri-industri kunci. Industri-industri tersebut adalah industri transportasi (iRail, iTransportation, Intelligent Logistic), industri energi (U-digiOil/U-Power), layanan keuangan, edukasi (iEducation/e-learning), periwisata dan perhotelan, sektor publik (U-safety, U-Government,iCity) dan Internet (U-Highway). Indonesia dapat memanfatkan keahlian ZTE dalam bidang telekomunikasi dan enterprise untuk membangun solusi yang terpusat untuk negara ini.

 

Smart City adalah salah satu solusi ICT milik ZTE yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan perbaikan akses layanan publik unuk masyarakat, terutama di sektor pendidikan dan keamanan publik. Untuk sektor pendidikan, ZTE memiliki Smart Education System yang telah diimplementasikan di Indonesia dengan mendonasikan perangkat e-learning kepada salah satu Sekolah Menengah Atas di Jakarta. Sementara untuk sektor keamanan publik, ZTE memamerkan sistem trunking, sebuah sistem komunikasi yang menyediakan akses jaringan untuk banyak channel dalam satu frekuensi. ZTE melihat bahwa keamanan publik adalah salah satu elemen penting untuk menjaga stabilitas sosial, pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat dalam suatu negara. Pemerintah juga dapat meminimalisir angka kriminalitas, kecelakaan, dan krisis kesehatan publik, dengan mengatasi sebuah tragedi secara cepat dan efektif. Dengan menggunakan solusi Smart City, pemerintah daerah juga dapat memanfaatkan teknologi ZTE untuk meningkatkan akses layanan publik untuk masyarakat.

 

ZTE juga menampilkan solusi IPTV miliknya yang terkenal secara global. Sebagai salah satu penyedia perlengkapan IPTV/OTT terkemuka di dunia dan penyedia solusi IPTV dan OTT yang end-to-end, ZTE menyediakan perangkat sistem IPTV termasuk HD (high definition), SD (standard definition); perangkat low bit rate, serta STB (Set Top Box). Di Indonesia. ZTE telah mendukung Telkom dan MNC dalam penyediaan jaringan IPTV.

 

Untuk meningkatkan kompetensi ICT para lulusan perguruan tinggi Indonesia dan juga bagian dari tanggung jawab sosial berupa transfer pengetahuan dan teknologi ZTE bagi Indonesia, ZTE juga mengadakan rekrutmen terbuka serta bekerja sama dengan Telkom University untuk memberikan pelatihan 4G LTE bagi mahasiswa/i dan komunitas. Dengan memberikan sosialisasi dan edukasi solusi ICT-nya di Pameran Bandung ICT Expo, ZTE menunjukkan komitmennya untuk mengimplementasikan strategi M-ICT yang fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan pengembangan teknologi. Komitmen tersebut pun mendapatkan pengakuan dengan penghargaan yang didapat ZTE pada acara Bandung ICT Expo, yaitu “The Most Educative Stand”.

 

Foto Caption:

 

Foto 1&2: Para ahli dari ZTE memberikan penjelasan tentang setiap solusi ICT dan manfaatnya untuk pengguna dan masyarakat Indonesia.

Foto 3: (Kiri-kanan) Mr. Yan Changzhi, Sales Director PT ZTE Indonesia berfoto bersama Mr. Mei Zhonghua, President Director PT ZTE Indonesia seusai acara Bandung ICT Expo.

Foto 4: ZTE mendapatkan penghargaan “The Most Educative Stand” untuk partisipasi dan komitmennya dalam memberikan sosialisasi dan edukasi tentang solusi ICT selama acara Bandung ICT Expo 2015.

 

 

Tentang ZTE

ZTE adalah perusahaan penyedia sistem telekomunikasi maju, perangkat mobile, dan solusi teknologi enterprise untuk para konsumen, carrier, perusahaan, dan pelanggan sektor publik. Sebagai bagian dari strategi M-ICT ZTE, perusahaan ini berkomitmen menyediakan inovasi end-to-end terintegrasi untuk para pelanggan demi memberikan mutu tinggi dan nilai dalam sektor teknologi informasi telekomunikasi. Terdaftar di bursa saham Hong Kong dan Shenzhen (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), Produk dan solusi ZTE terjual untuk 500 operator lebih di 160 negara lebih. ZTE berkomitmen menganggarkan 10 persen dari pendapatan tahunan mereka untuk R&D dan memiliki peran dalam kepemimpinan di organisasi bertaraf internasional. ZTE juga memiliki komitmen yang kuat dalam kegiatan sosial merupakan anggota dari UN Global Compact. Silahkan kunjungi website ZTE, www.zte.com.cn