Published On: Tue, Dec 2nd, 2014

ZTE Memperkokoh Kepemimpinannya di Industri Transportasi Jaringan Optik dengan Berhasil Memecahkan Rekor Dunia

LOGO-ZTE2 Desember 2014, Jakarta, Indonesia – ZTE Corporation (“ZTE”) (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), sebuah perusahaan publik global penyedia peralatan telekomunikasi, solusi-solusi jaringan, dan perangkat mobile, telah berhasil mencetak rekor dunia baru dalam hal transmisi optik long-haul. Rekor ini semakin memperkuat kemampuan perusahaan dalam menyediakan solusi jaringan transportasi generasi terbaru yang dilengkapi dengan teknologi terdepan pada pelanggan.

ZTE berhasil menyelesaikan uji coba transmisi optik real-time selama 24 jam tanpa error, dengan kapasitas data sebesar 16 terabits per second (16 Tbps) pada kabel optik sepanjang lebih dari 3.500 km di dalam pita C dengan konfigurasi penuh. Teknologi transmisi optik real-time T-bit WDM (wavelength division multiplexing) yang digunakan oleh ZTE dalam pengujian ini dilandaskan pada platform produk WDM/OTN; yang merupakan produk terkemuka di industri milik ZTE; dan hanya menggunakan Erbium-Doped Fiber Amplifiers (EDFA) disetiap 100 km.

“Keberhasilan uji coba ini akan memungkinkan ZTE untuk bisa membantu operator dalam meningkatkan kapasitas jaringan mereka hingga beberapa kali lipat, dengan jarak yang lebih jauh,” kata Chen Yufei, Vice General Manager Produk Jaringan Bearer ZTE. “Kekuatan teknologi transmisi T-bit milik ZTE membantu pelanggan-pelanggan kami mengurangi total biaya kepemilikan dan sekaligus meningkatkan pertumbuhan bandwidth jaringan secara berkesinambungan.”

Selama pengujian, ZTE menggunakan Nyquist WDM spectral compression optical modulation yang telah ditingkatkan dan teknik opticalimpairments mitigation coherent reception. Dengan teknik ini, ZTE mengintegrasikan pemrosesan sinyal data berkecepatan sangat tinggi yang canggih dan teknik soft-decision FEC, sehingga mampu mencapai efisiensi spektral sebesar 4bit/Hz/s. Solusi ZTE menawarkan efisiensi spektral yang tinggi, sekaligus memenuhi tuntutan transmisi jarak jauh.

Transmisi yang di atas 100G merupakan fokus utama penelitian bagi operator dan penyedia solusi terkemuka di dunia. Sebelum jaringan 100G lebih diterapkan secara komersial, tantangan dalam hal efisiensi spektral dan transmisi long-haul harus dapat teratasi.

ZTE memiliki komitmen yang tinggi untuk melakukan pengembangan serta penelitian pada teknologi 100G; seperti 100G dan 400G/1T. Berdasarkan pengembangan dan penelitian lanjut dalam teknologi transmisi sinyal berkecepatan tinggi 100G dan di atas 100G, ZTE adalah pemimpin dunia pada industri ini, melalui berbagai terbosan dan inovasi teknologi inti dalam bidang ini.

Pada bulan September tahun 2013, ZTE menjadi produsen peralatan pertama yang menerapkan transmisi sinyal 64QAM-OFDM optic 50GB/s single-channel yang dapat langsung terdeteksi dan menerima, serta merespon sinyal transmisi fiber secara realtime, kemampuan ini membuat ZTE mampu memecahkan rekor dunia tingkat transmisi single-channel dari sinyal OFDM optik 10GB/s.

Pada Oktober 2013, ZTE bekerja sama dengan Beijing Institute, China Telecom untuk menyelesaikan percobaan sistem realtime transmisi optik 1T yang berjarak sangat jauh dan memecahkan rekor dunia pada transmisi realtime yang jarak transmisinya melebihi 3200km. Pada bulan Maret 2014, ZTE menjadi yang pertama di dunia, menerapkan transmisi realtime dual carrier 100GB/s yang bisa langsung merespon sinyal 16QAM-OFDM. Selain memiliki kemampuan yang kuat dalam solusi 100G dan ultra-100G, ZTE juga memiliki pengalaman yang luas; dimana produk WDM milik ZTE sudah digunakan oleh lebih dari 300 operator di 112 negara. Hingga saat ini, ZTE terlibat dalam lebih dari 150 proyek 100G komersial di seluruh dunia, dengan total panjang kabel optik mencapai lebih dari 100.000 km.

 

Tentang ZTE

ZTE adalah perusahaan publik global penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan yang memiliki jajaran produk terluas dan terlengkap di dunia dan mencakup seluruh sektor di industri telekomunikasi seperti wireless, access & bearer, VAS, terminals dan berbagai layanan professional lainnya. ZTE menyediakan berbagai produk dan layanan inovatif yang telah disesuaikan untuk lebih dari 500 operator di lebih dari 160 negara di dunia. ZTE tidak hanya membantu meningkatkan keuntungan operator, namun juga membantu mereka dalam menghadapi tantangan akan kebutuhan pelanggannya yang selalu berubah dan meningkat. ZTE menaruh perhatian khusus dalam hal penelitian dan pengembangan, dengan menganggarkan 10 persen dari pendapatan tahunan untuk membiayai aktifitas ini. Di industri telekomunikasi dunia, ZTE memiliki peran penting dalam beberapa organisasi internasional yang memiliki dedikasi untuk mengembangkan standar industri telekomunikasi. Tidak hanya untuk kegiatan bisnis saja, ZTE juga memiliki komitmen yang kuat dalam kegiatan sosial. Selain kegiatan sosialnya, ZTE juga merupakan anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya produsen telekomunikasi China yang sahamnya diperdagangkan di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchange (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website ZTE, www.zte.com.cn.