Published On: Thu, Oct 23rd, 2014

ZTE Menghadirkan Solusi 4G Qcell Pertama di Dunia

LOGO-ZTE23 Oktober 2014, Jakarta, Indonesia– ZTE Corporation (“ZTE”) (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ), sebuah perusahaan publik global penyedia peralatan telekomunikasi, solusi-solusi jaringan, dan perangkat mobile, hari ini mengumumkan solusi untuk mengaktifkan distribusi 4G yang pertama di dunia untuk mendukung penerapan jaringan dengan multi mode dan multi frekuensi. Dengan menerapkan solusi 4G Qcell dari ZTE ini, operator akan mampu menawarkan jaringan terkonvergensi berkinerja tinggi untuk di terapkan di dalam ruangan.

Solusi yang diluncurkan pertama kali di konferensi PT/Expo Comm China 2014 di Beijing ini, menggunakan teknologi koordinasi jaringan berbasis cloud guna menutup kebocoran dan meminimalisir gangguan yang mungkin terjadi pada sinyal. Berbeda dengan solusi-solusi tradisional DAS (Distributed Antenna Systems), solusi Qcell dari ZTE mengimplementasikan konstruksi jaringan yang dilengkapi dengan Pico RRU (Remote Radio Unit) dan bisa ditenagai hanya dengan sambungan kabel Ethernet standar; sehingga operator bisa menghemat waktu pembangunan hingga 60%, dan sekaligus mengurangi kompleksitas pengerjaan serta biaya investasi yang dibutuhkan.

Solusi baru ini membantu operator agar mampu, secara cepat, menerapkan jaringan berkinerja tinggi dan biaya yang efisien dengan kemampuan jangkauan jaringan GSM/UMTS/LTE di dalam ruangan yang lebih baik. Solusi baru ini membantu operator untuk bisa menerapkan jaringan GSM/UMTS/LTE yang terintegrasi, yang memiliki kinerja dan efisiensi biaya yang tinggi, di dalam ruangan secara cepat.

“Solusi Qcell 4G kami mampu menghadirkan akses ke jaringan berkualitas tinggi dimanapun, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, kepada para penggunanya. Dengan solusi baru ini, kami membantu operator untuk menjawab tantangan kebutuhan akan kapasitas jaringan dan jangkauan sinyal di era 4G secara efektif,” kata Zhang Jianguo, Vice President of ZTE. “Kinerja dari teknologi baru ZTE ini, mampu mengungguli kinerja dari solusi-solusi lain yang ada di pasar saat ini. Jika operator memutuskan untuk mengunakan solusi baru ini, mereka akan mendapatkan manfaat seperti mampu mempersingkat waktu penerapan, mampu merevolusi teknologi jaringan tanpa gangguan, memiliki kapasitas jaringan yang besar serta minim gangguan, dan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam mengelola serta mengontrol jaringan.”

Solusi Qcell dari ZTE menggunakan teknologi cell combination guna mengoptimalkan cakupan sinyal jaringan di dalam ruangan. Teknologi ini mampu mengurangi gangguan yang disebabkan oleh cell dari jaringan lainnya, dan mengurangi tingkat terputusnya sinyal ketika sedang menelepon. Selain itu, solusi ini juga telah dilengkapi dengan teknologi cell splitting yang mampu membantu operator menjawab kebutuhkan akan kapasitas jaringan yang kian membesar dari waktu ke waktu.

Algoritma kompresi transmisi dan teknologi integrasi multi mode yang telah dipatenkan dari ZTE, mampu mengurangi kompleksitas penerapan jangkauan jaringan multi mode di dalam ruangan. Hal ini dimungkinkan karena algoritma dan teknologi dari ZTE ini mampu menggabungkan dua karier yang bergerak di frekuensi 20Mhz untuk sebuah LTE cell melalui sebuah kabel Ethernet, ataupun menyediakan GSM/UMTS/LTE, CDMA/LTE serta sistem wireless lainnya melalui sebuah kabel Ethernet. Sebagai tambahan, Qcell dan macro eNodeBs memiliki sistem pengelolaan jaringan yang sama; yang membuat setiap node dapat dilihat, dikontrol, dan dikelola; sehingga secara signifikan mampu mengurangi biaya operasional dan pemeliharaan.

Smartphone yang semakin populer dan aplikasi mobile yang kian bertumbuh pesat menjadi faktor pendorong tingginya pertumbuhan atas permintaan untuk layanan data wireless di dalam ruangan. Saat ini, trafik data wireless yang berasal dari perangkat mobile telah mencapai 70% dari total trafik secara keseluruhan. Selain itu, ekspektasi pengguna pada kualitas layanan dan tingkat kecepatan, ketika terhubung dengan jaringan wireless di dalam ruangan, juga semakin meningkat sehingga menimbulkan berbagai tantangan baru bagi operator dalam menyediakan jaringan berkualitas di dalam ruangan.

ZTE memanfaatkan keahliannya sebagai penyedia solusi 4G wireless broadband terkemuka di dunia untuk mendorong terciptanya berbagai inovasi baru. Solusi 4G Qcell merupakan salah satu inovasi terbaru dari ZTE, yang kualitasnya telah terbukti melalui berbagai uji coba yang dilakukan oleh operator-operator di seluruh dunia.

ZTE telah menandatangani 160 kontrak komersial untuk LTE/EPC (Evolved Packet Core) di seluruh dunia dan telah memasuki hampir 70% pasar di negara-negara yang operator telekomunikasinya telah berinvestasi ke dalam teknologi LTE. ZTE telah berhasil meluncurkan berbagai layanan LTE yang komersil untuk para pelanggannya di seluruh dunia; termasuk di antaranya adalah Bharti Airtel, China Mobile, China Telecom, Hutchison, SoftBank, Telenor, TeliaSonera, Vodafone, dan VimpelCom.

 

Tentang ZTE

ZTE adalah perusahaan publik global penyedia perangkat telekomunikasi dan solusi-solusi jaringan yang memiliki jajaran produk terluas dan terlengkap di dunia dan mencakup seluruh sektor di industri telekomunikasi seperti wireless, access & bearer, VAS, terminals dan berbagai layanan professional lainnya. ZTE menyediakan berbagai produk dan layanan inovatif yang telah disesuaikan untuk lebih dari 500 operator di lebih dari 160 negara di dunia. ZTE tidak hanya membantu meningkatkan keuntungan operator, namun juga membantu mereka dalam menghadapi tantangan akan kebutuhan pelanggannya yang selalu berubah dan meningkat. ZTE menaruh perhatian khusus dalam hal penelitian dan pengembangan, dengan menganggarkan 10 persen dari pendapatan tahunan untuk membiayai aktifitas ini. Di industri telekomunikasi dunia, ZTE memiliki peran penting dalam beberapa organisasi internasional yang memiliki dedikasi untuk mengembangkan standar industri telekomunikasi. Tidak hanya untuk kegiatan bisnis saja, ZTE juga memiliki komitmen yang kuat dalam kegiatan sosial. Selain kegiatan sosialnya, ZTE juga merupakan anggota dari UN Global Compact. ZTE adalah satu-satunya produsen telekomunikasi China yang sahamnya diperdagangkan di Hong Kong dan Shenzhen Stock Exchange (H share stock code: 0763.HK / A share stock code: 000063.SZ). Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website ZTE, www.zte.com.cn.